Tutorial Belajar Hackintosh (Bagian-2) - Menyiapkan Instalasi Hackintosh

Minggu, 01 April 2018 12:39:23 ,Oleh ,Dilihat : 160 x

Diasuh oleh Dr. Ir. Agus Wibowo, M.Kom, M.Si, M.M.   

    Untuk menjalankan Hackintosh dapat dilakukan dengan dua cara yaitu instalasi secara langsung pada PC atau laptop, yang kedua adalah menggunakan emulator seperti VMware. Pada cara yang pertama memiliki resiko, di mana sistem operasi Windows kita bisa terganggu (tidak dapat booting ke Windows), jadi harus dibantu dengan instalasi boot loader tambahan seperti GRUB. Keuntungan cara pertama adalah sietem operasi Mac OS berjalan lebih cepat karena tanpa melalui emulator. Meskipun demikian cara yang pertama memiliki kelemahan yaitu banyak hardware yang tidak dikenali oleh sistem operasi Mac OS seperti card WiFi, VGA Card bahkan terkadang tidak dapat membaca trackpad di laptop. Cara yang kedua memiliki resiko yang lebih kecil, yaitu instalasi Mac OS tidak mengganggu sistem operasi Windows. Meskipun demikian, cara ke dua memiliki kelemahan yaitu membutuhkan RAM yang lebih besar sekitar 4 GB serta harus menggunakan prosesor yang mendukung VT-X (Teknologi Virtualisasi) seperti prosesor Core 2 Duo, Core i3, Core i5 serta Core i7. Prosesor Atom, Pentium Dual Core atau Celeron model lama tidak mendukung fitur VT-X. Berikut langkah instalasi hackintosh menggunakan VMware:

Langkah pertama menggunakan Windows 64 bit

1.  Untuk memeriksa widows kita 64 atau tidak, tekan bersama tombol logo Windows dan huruf R, kemudian ketik dxdiag dan tekan tombol OK


2.  Lihat keterangan sistem operasi yang terinstal saat ini, VMware membutuhkan versi instalasi yang 64 bit karena Mac OS adalah siste operasi 64 bit (tidak seperti Windows yang menyediakan opsi sistem operasi versi 32 bit dan 64 bit).


Langkah kedua mengaktifkan fitur VT-X

1. Untuk memeriksa prosesor komputer kita mendukung fitur VT-X, unduh dan install aplikasi Intel Processor Identification Utility. Berikut alamat tautan untuk mengunduh  :

https://downloadcenter.intel.com/download/7838/Intel-Processor-Identification-Utility-Windows-Version


2. Lakukan instalasi kemudian, jalankan utility Intel Processor Identification Utility


3. Mengaktikkan VT-X melalui BIOS, restart komputer kita kemudian tekan tombol DEL atau F2 (tergantung mana yang jalan untuk masuk BIOS), kemudian pilih Advanced BIOS Features


4. Pilih menu Virtualization Technology