Tutorial Belajar Hackintosh (Bagian-1) - Mengenal Macintosh OS X dan Hackintosh

Senin, 05 Pebruari 2018 15:09:58 ,Oleh ,Dilihat : 452 x

Diasuh oleh Dr. Ir. Agus Wibowo, M.Kom, M.Si, M.M.

    Hackintosh berasal dari gabungan dua kata yaitu Hacking dan Macintosh yang memiliki pengertian menjalankan sistem operasi Macintosh (Mac OS X dan macOS) menggunakan hardware bukan buatan Apple (PC atau Laptop biasa)dengan cara memodifikasi bagian dari sistem operasi.Salah satu caranya adalah menambahkan EFI Bootloader serta injeksi driver hardware agar dapat mengenali perangkat keras non Apple. Tidak seperti Sistem Operasi Windows yang dapat dipasang disembarang PC atau Laptop, Mac OS hanya dapat diinstal pada hardware buatan Apple, bahkan sistem operasi ini tidak dapat dijalankan pada emulator seperti VMWare atau Virtual box sebelum dijadikan Hackintosh. 

Hackintosh terpasang pada notebook Acer

    Pada awalnya sistem operasi Mac OS hanya berjalan pada platform PowerPC (prosesor khusus milik Apple buatan IBM, dimana bukan intel atau AMD seperti PC atau Laptop biasa). Pada bulan Juni 2005 Apple mengumumkan bahwa platform PowerPC akan ditinggalkan dan berubah ke platform Intel. Hal ini diungkapkan pada Worldwide Developers Conference.Hackintosh dikenal juga dengan nama Mac OS X86 yaitu sebuah sistem operasi yang merupakan hasil hacking brbasis Mac OS X versi Intel. Tujuannya ialah menghadirkan sistem operasi Mac OS X kepada pengguna PC Intel.


Tampilan prosesor Power PC milik Apple yang dibuat oleh IBM (Bukan Intel atau AMD)

    Pada versi awal sebelum menggunakan prosesor intel, Mac menggunakan prosesor seri 68xxx buatan Motorola, misalnya seri 6800, 68020, 68030, 68040 dan 68LC040. Pada versi berikutnya dilanjutkan dengan prosesor PowerPC buatan IBM yaitu G3, G4 dan G5. Selanjutnya mulai awal tahun 2006, komputer Mac mulai menggunakan prosesor intel dimulai dari core solo, core duo, core 2 duo, core i3, core m3, core i5, core m5 dan core i7.