Cara Mereset Password Windows

Minggu, 12 Maret 2017 11:51:46 ,Oleh ,Dilihat : 915 x

Diasuh oleh Dr. Ir. Agus Wibowo, M.Kom, M.Si, M.M

Ada kalanya kita lupa password untuk masuk Windows. Terdapat dua pilihan untuk pemecahan masalah tersebut, yang pertama adalah melakukan repair Windows menggunakan DVD instalasi sesuai versi windows yang digunakan (misal Windows 7 home, Windows 7 Home 64 bit, Windows 7 profesional, Windows 7 profesional 64 bit, Windows 7 Enterprise, Windows 7 Enterprise 64). Cara yang pertama agak merepotkan karena varian DVD installernya ada banyak, di mana kita belum tentu memiliki semua versi installernya. Kemudian cara kedua yaitu menggunakan CD Hiren yang merupakan tool  standar untuk teknisi komputer. Image CD ini dapat anda unduh melalui tautan berikut :

https://drive.google.com/file/d/0B0nE7j_pjv62ZnV5NlBhNURORGc/view?usp=sharing

Setelah file ISO cd Hiren terunduh, gunakan utiliti Rufus untuk membuat Hiren versi bootable USB (tidak perlu burning ke CD). Utility Rufus dapat anda unduh di sini :

Setelah itu jalankan Rufus untuk membuat bootable USB berisi Hiren, pilih flashdisk yang ada (langkah 1), klik icon bertanda CD/DVD (langkah 2), arahkan ke tempat file ISO Hiren berada (langkah 3), pilih Open (langkah 4), klik tombol Start (langkah 5). Tunggu beberapa saat sampai proses selesai
Setelah selesai ikuti langkah berikut :
1. Restart komputer anda, tekan tombol F12 untuk masuk ke menu opsi untuk boot, pilih flashdisk atau cardreader yang sudah terpasang Hiren yang sudah dibuat sebelumnya menggunakan utiliti Rufus.

2. Dari tampilan menu Boot CD, pilih opsi  "Off line NT/2000/XP/Vista/7 Password changer", kemudian tekan enter

3. Pilih drive yang ada sesuai angka misalnya angka 1, kemudian tekan enter (Secara default di pilih angka 1, jika proses ini tidak berhasil pilih angka 2 atau 3).

4. Tekan tombol  enter sekali lagi untuk mengkonfirmasi letak registry, jika kita tidak ingin mengubah isi registry

5. Pilih opsi " Password Reset [Sam System Security]" dengan mengetikkan angka 1 serta menekan tombol  enter