Tutorial Linux (Bagian 4) - Cara Instalasi Linux Ubuntu di VMware

Kamis, 12 Januari 2017 09:50:31 ,Oleh ,Dilihat : 830 x

Diasuh oleh Dr. Ir. Agus Wibowo, M.Kom, M.Si, M.M 

Bagi anda yang tidak menginginkan resiko kehilangan data akibat kesalahan saat pembuatan partisi atau tidak dapat boot ke Windows, dapat dipilih alternatif lainnya dalam melakukan instalasi Linux Desktop yaitu menggunakan emulator seperti VMware atau Oracle Virtual Box. Kelemahan menggunakan cara ini adalah sistem berjalan sangat lambat karena harus berbagi pakai (sharing) memori serta prosesor dengan Windows. Selain itu driver pada hardware sebagian masih menggunakan driver dari Windows, sebagai contoh ketika Anda menjalankan update sistem operasi atau melakukan instalasi aplikasi, koneksi internet yang dijalankan menggunakan modem yang dijalankan melalui Windows. Jadi belum mencerminkan kinerja sebenarnya dari sistem Linux pada harware yang digunakan. Untuk menjalankan WMware terlebih dulu dilakukan instalasi, berikut tautan untuk mengunduh VMware :

http://filehippo.com/download_vmware_player/

Setelah terunduh, lakukan proses instalasi VMware, kemudian lakukan instalasi LInux Desktop Ubuntu menggunakan langkah sebagai berikut :

1. Jalankan VMware, pada kotak dialog Welcome to VMware Workstation 12 Player, pilih Create a New Virtual Machine


2. Pada kotak dialog Welcome to the New Virtual Machine Wizard, pilih Installer disc image file (iso), klik tombol Browse, arahkan ke letak file iso yang telah diunduh sebelumnya berada. Kemudian klik tombol Next untuk melanjutkan.

3. Pada kotak dialog Easy Install Information, arahkan ke bagian Personalize Linux, isikan :

  • Fullname : misal Stekom Ambarawa (boleh huruf  besar atau kecil)
  • User name : misalnya stekom (harus huruf keci semuanya), nama ini digunakan untuk login di linux.
  • Password :  isikan berupa gabungan huruf besar, kecil dan angka minimal 8 karakter misalnya Manglayan9
  • Confirm : ulang sekali lagi isi password yang sebelumnya yaitu  Manglayan9

Kemudian klik tombol Next untuk melanjutkan.


4. Pada kotak dialog Name the Virtual Machine, isikan nama Virtual machine name sebagai contoh Ubuntu Desktop. Kemudian klik tombol Next untuk melanjutkan.

5. Pada kotak dialog Specify Disk Capacity, isikan ukuran maksimum ruang hardisk yang diijinkan untuk dipakai. Untuk Ubuntu Desktop disarankan di atas 5 GB. Kemudian klik tombol Next untuk melanjutkan.

6. Klik tombol Finish


7. VMware akan berjalan untuk melakukan instalasi sistem operasi Linux Desktop seperti yang sudah dijelaskan pada tutorial sebelumnya yaitu  bagian 3.