Tutorial Membuat Website (Bagian 8) - Cara membuat Wordpress Offline

Senin, 22 Agustus 2016 08:57:57 ,Oleh ,Dilihat : 1.468 x

Diasuh oleh :  Dr. Ir. Agus Wibowo, M.Kom, M.Si, M.M     

     Pada tutorial kali ini, kita akan membahas cara membuat situs menggunakan aplikasi web jenis CMS Wordpress. Dengan pertimbangan tidak semua orang sudah memiliki domain dan server hosting, akan digunakan versi offline menggunakan emulator web hosting seperti XAMPP atau WAMP. Target dari pembuatan situs dengan wordpress ini adalah anda akan mampu membuat situs untuk kampus , sekolah, Company Profile atau situs pribadi yang dibuat menggunakan CMS Wordpress. Contoh :

1. Universitas Diponegoro :

http://undip.ac.id

2. Universitas Ciputra :

http://www.uc.ac.id/

3. Pasca Sarjana STEI ITB :

4. Sekolah Tinggi Teknologi Telematika Telkom Purwokerto :

Jika anda melihat, tampilan dari situs Wordpress dari masing-masing kampus terlihat berbeda walaupun menggunakan mesin CMS yang sama. Hal ini dikarenakan pengaruh themes (tema) yang digunakan pada CMS Wordpress. Untuk melihat nama themes yang digunakan pada sebuah situs wordpress, klik kanan halaman situs, kemudian pilih View Page Source. 


Cari baris dengan kata themes, seperti yang anda lihat nama themes yang digunakan adalah SmartEducation.
Contoh berikutnya :


Lihat kata themes, seperti yang anda lihat nama themes yang digunakan adalah University.

Instalasi Wordpress secara offline (local)

     Pada mode instalasi lokal, aplikasi Wordpress dipasang pada komputer menggunakan aplikasi webserver seperti XAMPP atau Wamp. Ketika website menggunakan aplikasi Wordpress  sudah selesai dibuat, baru kemudian dipindahkan lokasinya menuju server hosting. Jadi instalasi lokal ini hanya bersifat sementara. Keuntungan dari cara ini adalah faktor kecepatan akses dalam proses persiapan pengerjaan sebuah website karena tidak menggunakan koneksi internet. Kerugiannya adalah kerumitan proses pemindahan dari komputer lokal menuju server hosting.
      Secara garis besar terdapat 3 langkah instalasi yaitu memasang aplikasi webserver, membuat user serta database dan terakhir melakukan proses instalasi.

Berikut langkah memasang aplikasi  emulator Web server dan MySQL server :
a) Unduh aplikasi webserver XAMPP melalui tautan berikut :
b) Sebagai contoh aplikasi yang diunduh memiliki nama xampp-win32-5.5.30-7-VC11-installer.exe (untuk sistem operasi 32 bit). Setelah selesai mengunduh, lakukan instalasi dengan cara klik 2 kali aplikasi yang sudah terunduh. Lakukan proses instalasi seperti pada petunjuk.
c) Setelah selesai proses instalasi, nyalakan Emulator hosting yaitu XAMPP dengan menekan tombol Start pada modul Apache ( web server) serta MySQL (database).


d) Untuk memeriksa webserver berjalan atau tidak, buka peramban seperti Mozilla Firefox atau Google Chrome. Buka alamat http://localhost atau http://127.0.0.1, jika instalasi normal akan terbuka halaman dashboard dari XAMPP.


e) Untuk memeriksa server MySQL berjalan atau tidak, buka alamat http://localhost/phpmyadmin , jika tidak ada masalah akan terbuka panel administrator PHPMyAdmin


Langkah kedua adalah memmuat database MySQL untuk Wordpess :
Buka PHP MyAdmin dengan alamat http://localhost/phpmyadmin
kemudian tekan  tombol new  (1) isikan nama database (2) misalnya wordpress, kemudian tekan tombol Create (3).


Langkah berikutnya adalah memasang aplikasiCMS  Wordpress pada emulator Web server dan MySQL server :
1. Unduh installer CMS Wordpress dari situs resmi dengan alamat URL sebagai berikut :


2. Anda dapat memilih menggunakan versi bahasa Indonesia (2) atau versi bahasa Inggris (1), sebagai contoh dipilih versi bahasa Indonesia.

3. Akan diperoleh file instalasi, sebagai contoh file ini bernama wordpress-4.6-id_ID.zip, dengan menggunakan utility seperti Winrar atau winzip, ekstrak file wordpress-4.6-id_ID.zip (1) dengan opsi exctract here (2)


4. Akan terbentuk sebuah folder dengan nama wordpress, kemudian salin ke direktori tempat instalasi XAMPP dengan letak sebagai contoh di C:xampphtdocs sehingga akan terbentuk folder dengan nama C:xampphtdocswordpress 


5. Lakukan proses instalasi proses instalasi wordpress menggunakan alamat :
http://localhost/wordpress
Syarat emulator sudah dalam keadaan start untuk Webserver serta MySQL. Kemudian akan ditampilkan dialog Selamat datang, tekan tombol Ayo untuk melanjutkan proses instalasi.