Cara Membuat Website dengan CMS Joomla (bagian 2) - Instalasi CMS Joomla

Senin, 11 Desember 2017 15:37:55 ,Oleh ,Dilihat : 724 x

Diasuh oleh Dr. Ir. Agus Wibowo, M.Kom, M.Si, M.M

       Perkembangan Joomla berawal dari Joomla 1.0.0 sampai dengan tahap yang luar biasa yaitu Joomla 1.0.15. Namun seiring dengan perkembangan versi Joomla 1.0.x ini, sekitar tahun 2007 telah dimulai pengembangan Joomla 1.5.x yang memiliki beberapa persamaan dan perbedaan yang cukup signifikan. Saat ini Joomla 1.5.x telah mencapai pada tahap Joomla 1.5.20.Untuk versi Joomla 1.6 sudah pada tahap versi beta dan dapat diunduh di www.joomla.org. Semakin baru versi Joomla memiliki penyempurnaan dari versi-versi sebelumnya. Masing-masing punya daya tarik tersendiri, Joomla 1.5.9 menawarkan nuansa baru dan lebih modern termasuk dalam systemya. Sedangkan Joomla 1.0.15 lebih stabil dan terdukung oleh banyak aplikasi dan developer. Berikut versi Joomla yang ada :

       Pada bahasan selanjutnya kita akan menginstal Joomla di komputer. Untuk menjalankan Joomla kita membutuhkan emulator webserver Apache atau Ngix serta database MySQLi. Kita dapat menggunakan XAMMP, MAMP atau WAMP dengan PHP versi 5.6 ke atas. Setelah  XAMMP, MAMP atau WAMP terpasang, kita dapat melakukan instalasi Joomla. Berikut langkah instalasi Joomla menggunakan emulator web server dan database versi XAMMP.

Langkah 1  Mengunduh dan Mengekstrak Joomla :

1. Unduh Joomla dari situs resmi :  

https://downloads.joomla.org/

2. Lakukan proses ekstraksi untuk mengembalikan file Joomla ke bentuk normalnya menggunakan Winrar atau Winzip.


3. Salin folder bernama Joomla_3.8.2-Stable-Full_Package menuju ke  c: --> xampp --> htdocs


4. Agar mudah dalam pengoperasiannya (menuliskan alamat URL di browser) ubah nama Joomla_3.8.2-Stable-Full_Package menjadi joomla atau nama yang lainnya tanpa spasi serta menggunakan huruf kecil.


Langkah 2 mengubah file instalasi Joomla agar tidak berhenti ditengah jalan saat instalasi :

1. Edit file joomla.sql yang terdapat pada folder c: --> xampp --> htdocs --> joomla --> installation --> sql --> mysql menggunakan notepad ++

2. Pilih menu Search (1), Replace (2), pada opsi Find what : isikan InnoDB, pada Replace with isikan MyISAM, kemudian tekan tombol Replace All dan tekan tombol Save


Langkah 3 mengubah file php.ini agar Joomla agar tidak berhenti ditengah jalan saat instalasi :

1. Buka file php.ini di drive c --> xampp --> php  kemudian pilih menu Search --> Find