Tutorial Belajar Rapidminer (Bagian 6) - Menyaring dan Mengurutkan Data

Senin, 12 Juni 2017 12:44:34 ,Oleh ,Dilihat : 404 x

Diasuh oleh Dr. Ir. Agus Wibowo, M.Kom, M.Si, M.M.

Pada tutorial terakhir, kita telah belajar bagaimana cara mengimpor data ke dalam repository dari RapidMiner, di mana merupakan penyimpanan utama untuk semua data, model, dan proses. Dalam tutorial ini, kita akan menerapkan filter ke himpunan data Titanic untuk melihat hanya penumpang wanita saja. Kemudian, kita dapat dengan mudah menyortir data untuk menemukan tarif tiket tertinggi yang dibayarkan oleh penumpang wanita. Kita kemudian dapat menerapkan keterampilan baru yang telah dipelajari barusan untuk menjawab pertanyaan yang sama untuk penumpang pria. Kita akan mencari cara mengetahui tarif tertinggi yang dibayarkan oleh penumpang wanita. Berikut langkah-langkahnya :

1. Seret data Titanic dari Repositori Sampel ke dalam Panel Process.


2. Cari operator Filter Example dengan menggunakan kotak pencarian di bagian atas panel Operator. Seret Filter Example ke dalam panel Process.


3. Hubungkan port output Retrieve Titanic dengan port input dari Filter Example dengan cara melakukan klik kanan port exa (“example”),  pilih Quick Fixes kemudian pilih Connect to Retrieve Titanic output.

4.  Klik Filter Example untuk memilihnya, lalu klik Add Filters pada panel Parameters untuk menentukan filter.


5.  Pilih Sex(1) di sebelah kiri, sama dengan di tengah, dan ketik Female di kotak di sebelah kanan. Selain dengan cara mengetikkan, Anda bisa mengklik tongkat ajaib(2) dan memilih opsi Female(3) dari daftar.


6.   Cari dan kemudian seret operator Sort ke dalam panel Process.


7.  Hubungkan output Filter dengan masukan Sort dengan cara meng klik kanan port exa (“example”),  pilih Quick Fixes kemudian pilih Connect to Filter Examples.example set output.


8.  Klik pada Sort untuk memilihnya. Buat perubahan berikut pada panel Parameters, tetapkan attribute name (nama atribut) ke Passenger Fare, ubah sorting direction (arah pengurutan) menjadi decreasing  (menurun).


9. Sambungkan port output Sort ke port res (hasil) di sebelah kanan panel Sort dengan cara mengklik kiri port exa (“example”) kemudian dilanjutkan dengan cara mengklik kiri port res (“results”).


10.  Jalankan proses dan periksa hasilnya.


11.  Kita sekarang dapat melihat tarif tertinggi yang dibayarkan untuk seorang wanita di kapal Titanic. Tarif tertinggi yang diperoleh, ditemukan pada baris pertama dan kedua pada kolom Passenger Fare.





TOP