Tutorial Belajar Rapidminer (Bagian 4) - Mengenal Permodelan Sederhana

Sabtu, 03 Juni 2017 22:31:52 ,Oleh ,Dilihat : 314 x

Diasuh oleh Dr. Ir. Agus Wibowo, M.Kom, M.Si, M.M.

Pada tutorial sebelumnya, kita mengimpor sekumpulan data (dataset) dan menjalankan sebuah proses. Kita menemukan bahwa 349 penumpang selamat dari kecelakaan Titanic. Pada bagian ini kita akan membangun sebuah proses untuk melihat apakah orang-orang yang selamat memiliki kesamaan atau tidak. Berikut langkah membuat permodelan sederhana menggunakan Decission Tree (Pohon Keputusan) :

1. Ambil data Pelatihan Titanic dengan cara melakukan drag dan drop dataset Titanic Training pada panel process.

2. Kita akan membuat  pohon keputusan (decision tree). Pohon Keputusan adalah teknik pemodelan statistik populer, yang digunakan untuk menemukan pola tersembunyi dalam data.
3. Pada bagian panel Operators di sebelah kiri, buka folder Modeling, Predictive, dan akhirnya Trees.


4. Seret pada operator Decision Tree, kemudian letakkan dengan posisi setelah Retrieve Titanic Training.

5. Hubungkan port output ("out") dari Retrieve Titanic Training dengan port input ("tra" untuk "training") Decision Tree. Anda dapat mengklik pada port, atau Anda dapat menarik port output ("out") menuju port input ("tra")


6. Hubungkan output pertama ("mod") dari Decision Tree dengan port hasil ("res") di sisi kanan panel Proses.

7. Tekan tombol Run pada toolbar untuk menjalankan proses.

8. Dari permodelan menggunakan pohon keputusan yang telah kita buat, dapat dengan jelas terlihat bahwa faktor keselamatan nyawa sama sekali bukan suatu kebetulan. Dari analisa didapatkan kesimpulan bahwa penumpang wanita dengan keluarga kecil, benar-benar beruntung - setidaknya jika mereka memegang tiket yang mahal (tarif penumpang/passenger fare)



TOP