Tutorial Adobe Photoshop CS (Bagian 6) - Photo Retouching Lanjut

Senin, 14 Nopember 2016 10:06:07 ,Oleh ,Dilihat : 744 x

Diasuh oleh Dr. Ir. Agus Wibowo, M.Kom, M.Si, M.M.

Menggunakan Replace Color pada gambar

     Dengan perintah Replace color, Anda dapat membuat masking sementara berdasarkan warna tertentu dan kemudian mengreplace color sesuai yang dikehendaki. Masker membiarkan Anda mengisolasi area dari suatu gambar, sehingga perubahan hanya mempengaruhi area pada yang dipilih dan sedang sisa gambar lainnya tidak terpengaruh. Pilihan pada perintah kotak dialog Replace color ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan komponen hue, saturation, dan lightness dari bagian yang diseleksi. Hue adalah warna, saturasi adalah kemurnian warna, dan lightness adalah banyaknya putih atau hitam pada gambar. Anda akan menggunakan perintah Replace color untuk mengubah warna terpal oranye di gondola pada bagian sudut kanan bawah dari gambar.

1. Dalam palet Layers, pilih layer gambar background /latar belakang.

 

2. Pilih zoom tool, dan klik sekali pada terpal untuk memperbesar tampilan.


3. Tahan tombol mouse pada alat seleksi, klik untuk memilih rectangle marquee  tool, dan kemudian lakukan seleksi di sekitar terpal. Jangan khawatir untuk membuat seleksi yang sempurna, tetapi pastikan untuk mencakup semua bagian pada terpal.



5. Pilih Image --> Adjustment --> Replace color untuk membuka kotak dialog Replace color. Secara default, area seleksi pada kotak dialog Replace color menampilkan persegi panjang hitam, yang mewakili seleksi saat ini.


Anda sekarang akan menggunakan eyedropper untuk memilih area warna yang akan dimasking dan diganti dengan warna yang baru. Tiga opsi eyedropper ditampilkan dalam kotak dialog Replace color.

Eyedropper pertama (A) untuk seleksi satu warna, Eyedropper plus (B) digunakan untuk menambah warna untuk area seleksi, dan Eyedropper minus (C) digunakan untuk mengurangi warna dari area seleksi.

5. Klik tool eyedropper di kotak dialog replace color (keterangan 1), dan klik sekali pada terpal oranye untuk memilihnya (keterangan 2).

 
Kemudian pilih tool Eyedropper plus (keterangan 1), dan klik di atas area lain dari terpal (keterangan 2) sampai seluruh terpal disorot warna putih di kotak dialog di bagian selection (keterangan 3).
 
7 Sesuaikan tingkat toleransi masking dengan memindahkan slider fuzziness ke 61. Fuzziness mengontrol sejauh mana warna yang terkait termasuk dalam masking. 

 8.  Di opsi Replacement pada  kotak dialog replace color, tarik slider Hue untuk 149, slider Saturation menjadi -17, dan slider Lightness  menjadi -39. Warna terpal diganti dengan hue, saturasi, dan lightness yang baru.


9.  Klik OK untuk menerapkan perubahan.
10.  Klik dua kali hand tool agar  gambar terlihat penuh di layar.
11. Tekan bersamaan tombol Control dan D untuk menghilangkan seleksi
12. Pilih menu File --> Save

Menghapus objek yang tidak diinginkan
       Dengan Adobe Photoshop, Anda dapat menghapus objek yang tidak diinginkan dari sebuah foto. Menggunakan tool clone stamp, Anda dapat menghapus suatu objek atau area dengan "kloning" area gambar di bagian area obyek Anda ingin hilangkan. Anda akan menghapus perahu kecil dekat pusat gambar dengan lukisan di atasnya menggunakan salinan air.
1. Pilih tool zoom; kemudian klik perahu kecil untuk memperbesar bagian dari gambar.
2. Pilih File --> Preferences --> Displays & Cursors. Untuk  memilih Cursors Lukisan, klik Brush Size; kemudian klik OK.
3. Klik dua kali tool clone stamp di toolbox,
dan pastikan bahwa opsi Aligned di pilihan palet tool clone stamp tidak di centang.
  
4. Gerakkan tool clone stamp pada gambar air di bagian sebelah kanan gondola. Kemudian tekan tombol Alt tahan jangan dilepaskan (Windows) atau Option (jika mengunakan Mac OS), dan klik pada area sampel untuk mengambil sampel (berfungsi menyalin gambar pada bagian ini). Pastikan bahwa area sampel Anda menyatu dengan baik dengan daerah sekitar objek yang akan dihilangkan (sama-sama memiliki kemiripan gambar air).