Tutorial Adobe Photoshop CS (Bagian 5) - Photo Retouching

Minggu, 13 Nopember 2016 06:33:18 ,Oleh ,Dilihat : 859 x

Diasuh oleh Dr. Ir. Agus Wibowo, M.Kom, M.Si, M.M.

       Adobe® Photoshop® menyediakan berbagai alat dan perintah bagi Anda dengan untuk meningkatkan kualitas gambar fotografi. Pada bagian tutorial kali ini,  menjelaskan teknik untuk koreksi dasar  gambar dengan langkah demi langkah melalui proses memperoleh gambar melalui pemindaian/scan, mengubah ukuran, dan retouching sebuah foto dengan pengaturan layout pencetakan gambar. Kebanyakan retouching di Photoshop menggunakan langkah-langkah umum sebagai berikut:

  • Memeriksa kualitas pemindaian dan pastikan bahwa resolusi yang sesuai untuk gambar akan digunakan.
  • Memotong  gambar untuk ukuran akhir.
  • Mengatur kontras secara keseluruhan atau jangkauan tonal gambar.
  • Menghilangkan semua ketidakseimbangan warna (color cast).
  • Menyesuaikan warna dan tone di bagian-bagian tertentu dari gambar untuk menampilkan  highlights, midtones, bayangan, dan warna desaturated.
  • Mempertajam fokus keseluruhan gambar

File untuk berlatih materi Photo Retouching dapat diunduh pada tautan berikut :

Langkah cara memotong gambar

1. Buka file Start03.psd

2. Tahan tombol mouse pada crop tool di toolbox, dan klik untuk crop tool untuk memilihnya.

3. Kemudian pada palet Options nya, atur ukuran untuk seleksi, dan masukkan ukuran untuk width 3.75 in (lebar) serta Height 6 in  (tinggi).


4. Tarik marquee di sekitar gambar, pastikan Anda menempatkan seleksi dari pojok kiri atas sampai gambar terpal warna oranye di gondola di kanan bawah. Hasil seleksi pemotongan gambar ini sesuai dengan dimensi yang ditentukan untuk ukuran target (3.75 inchi untuk lebar serta  6 inchi untuk tinggi ).

5. Pindahkan pointer di luar kotak marquee, dan putar searah jarum jam sampai kotak seleksi marquee sejajar dengan foto. 

6. Tempatkan pointer dalam marquee, dan tarik sampai hampir semua bagian gambar terpilih.

7. Tekan enter untuk memotong gambar

8. Simpan hasil pemotongan gambar dengan memilih menu File --> Save as --> Beri nama misalnya Latihan03.

Menyesuaikan rentang tonal

Rentang tonal dari gambar mewakili jumlah kontras, atau detail pada gambar dan menentukan distribusi piksel dari gambar , mulai dari piksel gelap (hitam) sampai ke piksel yang paling ringan (putih). Anda sekarang akan memperbaiki kontras sebuah foto menggunakan perintah Levels.

1. Pilih Image --> Adjust --> Levels, dan pastikan bahwa opsi Preview dicentang.

 

Perhatikan histogram pada kotak dialog. Segitiga di bagian bawah histogram tersebut mewakili bayangan/shadow (segitiga hitam), highlights (segitiga putih), dan midtones atau gamma (segitiga abu-abu). Jika gambar Anda memiliki warna di seluruh rentang kecerahan (brightness),  akan memiliki lebar histogram yang penuh, dimulai dari segitiga hitam ke segitiga putih. Sebaliknya, gambar yang mengelompok ke arah pusat, menunjukkan tidak adanya warna yang sangat gelap atau terang. Anda dapat mengatur tonal gambar dengan menggeser titik segitiga hitam serta putih.

2. Drag segitiga menuju ke kiri dan kanan dari histogram untuk menampilkan bagian yang paling gelap dan paling ringan.

 3. Klik OK untuk menerapkan perubahan.

4. Simpan hasil pengaturan tonal gambar dengan memilih menu File --> Save

Menghilangkan Color Cast 

       Beberapa gambar memiliki color cast (ketidakseimbangan warna), yang mungkin terjadi selama pemindaian/scan atau yang mungkin sudah terdapat pada gambar aslinya. Foto dari gondola memiliki warna yang terlalu merah. Anda sekarang akan menggunakan layer penyesuai(adjustment) Color Balance untuk memperbaiki warna foto ini. Sebuah layer penyesuai(adjustment) memungkinkan Anda mengedit gambar sebanyak yang Anda suka tanpa secara permanen mengubah nilai-nilai pixel asli.     Menggunakan layer penyesuai(adjustment) bertujuan untuk menyesuaikan keseimbangan warna, memiliki keuntungan tertentu sewaktu mencetak gambar foto. Jika foto yang dicetak warnanya belum tepat, Anda dapat membuat tambahan perubahan untuk gambar foto, jika diperlukan.

1. Pilih Layer --> New --> Adjustment Layer.

2.  Untuk Type, pilih Color Balance.

3. Klik OK untuk membuat layer penyesuai (adjustment)  dan untuk menampilkan kotak dialog layer Color Balance.

4. Pilih opsi Preview