Cara Membuat Toko Online (Bagian 5) - Instalasi Bahasa Indonesia

Minggu, 05 Pebruari 2017 10:31:22 ,Oleh ,Dilihat : 2.039 x

Diasuh oleh Dr. Ir. Agus Wibowo, M.Kom, M.Si, M.M

Agar pengunjung toko online merasa nyaman dan tidak merasa asing ketika melihat menu dari toko, alangkah baiknya menu serta bahasa yang ada menggunakan bahasa Indonesia. Dalam keadaan baku, semua menu, alur belanja serta keterangan yang ada dipastikan menggunakan bahasa Inggris. Untungnya developer lokal dari Indonesia sudah membuat ekstensi untuk katagori language yaitu dengan nama ekstensi Bahasa Indonesia v2.3.0.2. Berikut langkah instalasi untuk memasang ekstensi bahasa Indonesia :

1. Situs Opencart mengharuskan kita untuk menjadi anggota agar dapat mengunduh ekstensi yang tersedia, pilih tautan REGISTER

2. Isikan data-data yang dibutuhkan pada bagian Register for OpenCart account

Pada bagian CAPTCHA, akan muncul pemeriksaan untuk memastikan pengunjung situs adalah manusia bukan robot, pada contoh kita disuruh memilih gambar kamera, klik gambar kamera, kemudian klik tombol REGISTER.

3. Jika berhasil akan muncul tampilan You have successfully created an account

4. Unduh secara gratis menggunakan alamat tautan :

Kemudian pada bagian Search extensions and themes, ketikkan dengan kata kunci " Bahasa Indonesia" (keterangan 1), kemudian klik tombol pencarian (keterangan 2), kemudian pilih ekstensi dengan nama Bahasa Indonesia v2.3.0.2 (keterangan 3).


5. Pada dialog Bahasa Indonesia v2.3.0.2,  klik menu Download

6. Untuk registrasi pertama kali kita akan diminta PIN (cukup sekali saja untuk membuatnya) berupa 4 angka, contoh 1945, kemudian kita klik tombol SUBMIT.

7. Kemudian klik tombol DOWNLOAD

8. Setelah selesai anda akan memperoleh file dengan nama Bahasa-Indonesia v2.3.0.2.zip. Dengan menggunakan utiliti Winrar, klik kanan file Bahasa-Indonesia v2.3.0.2.zip pilih Extract Here.

9. Akan diperoleh folder dengan nama Bahasa-Indonesia v2.3.0.2 dengan sub folder admin dan catalog

10. Salin ke tempat Anda menginstal Opencart di localhost. Pada contoh sebelumnya terletak pada folder C:/Xampp/htdocs/toko 


11. Jika tepat letaknya akan muncul konfirmasi Folder Replace (timpa), pilih Yes


12. Setelah itu nyalakan  emulator Web server Apache dan MySQL server melalui panel XAMPP, login ke dashboard menggunakan alamat:   http://localhost/toko/admin

13. Masuk ke dashboard, pilih System ->Localisation--> Languages-->pilih tombol Add New 

14. Isikan pada  Add Language :

  • Language Name : Bahasa Indonesia
  • Code : id-id
  • Locale : id-id
  • Status : Enabled
  • Sort Order : 0

Kemudian klik tombol Save


15. Untuk menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa baku dari Opencart, maka harus dilakukan pengaturan ulang dari store name yang ada. Pilih menu System -->Settings, pada daftar store yang ada pilih menu Edit.

16. Pada bagian Edit Settings, pilih Local kemudian sesuaikan :

  • Country : Indonesia
  • Region / State : Jawa Tengah
  • Language : Bahasa Indonesia
  • Administration language : Bahasa Indonesia

Klik tombol Simpan