Tutorial Membuat Website (Bagian 14) - Instalasi Tema dan Plugin Wordpress

Minggu, 06 Nopember 2016 09:46:06 ,Oleh ,Dilihat : 2.441 x

Diasuh oleh Dr. Ir. Agus Wibowo, M.Kom, M.Si, M.M. 

       Agar situs portal yang sudah dibuat menggunakan CMS Wordpress memiliki tampilan menarik, maka perlu dipasang tema yang baru agar sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh akan kita gunakan tema dengan nama university buatan dari cactusthemes.com seperti yang digunakan oleh Universitas Ciputra di Surabaya (http://www.uc.ac.id)  atau Universitas Bina Dharma di Palembang (http://www.binadarma.ac.id). Sebagai latihan, anda dapat mengunduh file tema, sample serta dokumentasi dari penggunaan tema pada tautan berikut (Google Drive) :  

https://drive.google.com/open?id=0B0nE7j_pjv62T2EzNXN3dGJRNVk

Setelah terunduh, ektrak file University_v2.0.13 menggunakan utility Winrar. Akan terbentuk folder baru dengan nama University v2.0.13 – Education, Event and Course Theme dengan sub folder Documentation, Installation Files serta Sample Data.

Langkah instalasi tema wordpress :
1. Login dari WordPress Admin
contoh untuk instalasi lokal http://localhost/folder-instalasi/wp-admin
atau jika sudah diupload di server hosting  http://nama-situs/wp-admin
2. Dari dasbor pilih menu Tampilan (keterangan 1) --> Tema (keterangan 2)

3. Kemudian pilih Tambahkan Baru

4. Pilih Unggah Tema (keterangan 1), kemudian tekan tombol Choose File (keterangan 2),  arahkan ke tempat tema wordpress diletakkan (University v2.0.13 – Education, Event and Course Theme -->  Installation Files --> Theme Files --> Parent Theme kemudian pilih university) kemudian pilih open.

5. Kemudian tekan tombol Instal Sekarang

6. Kemudian tekan tombol Aktifkan
7. Lanjutkan dengan memasang plugin tambahan yang dibutuhkan oleh tema yaitu Contact Form 7, WP Pagenavi serta WooCommerce dengan menekan tombol Begin installing plugins. Syarat : komputer anda harus terkoneksi ke internet jika mode instalasi yang dilakukan adalah localhost. Lama proses instalasi tergantung pada kecepatan internet anda (Mengunduh paket instalasi secara otomatis dari alamat  https://downloads.wordpress.org/plugin)

8. Sebagai contoh kita instal plugin WP Pagenavi dengan cara mengklik tombol install (kadang tidak terlihat) di bawah nama plugin

9. Jika berhasil, akan muncul kotak dialog konfirmasi "Berhasil memasang plugin ..  ", tekan tombol Return to Required Plugins Installer untuk melanjutkan instalasi  ke-2 plugin sisanya yang belum terinstal (Contact Form 7 serta  WooCommerce)


10. Ulang langkah 8 dan 9 untuk plugin Contact Form 7 serta  WooCommerce
11. Jika instalasi gagal, dapat dilakukan prosedur alternatif instalasi dengan mengunduh plugin ecommerce secara langsung dari alamat : 
kemudian pilih Download Version  ...

12.  Pilih menu Plugin (keterangan 1) kemudian Tambah Baru (keterangan 2) kemudian tekan tombol Unggah Plugin (keterangan 3)

13. Setelah proses unduhan selesai, lanjutkan instalasi dengan cara memilih tombol Unggah Plugin (keterangan 1), Choose File (keterangan 2), arahkan dan pilih file plugin woocommerce.2.6.7 (keterangan 3), kemudian pilih Open (keterangan 4).

14. Pilih tombol Instal Sekarang
15. Setelah  berhasil, pilih tombol Kembali ke Pemasang Plugin

16. Selain 3 plugin di atas, masih ada plugin lainnya yang harus diinstal  agar tema baru dapat bekerja secara optimal yaitu :
  • University Shortcodes : u-shortcodes-2.0.12
  • University Event : u-event-1.14.1
  • University Course : u-course-1.14.1
  • University Member : u-member-1.13.2
  • Revolution Slider : revolution-slider-5.2.5
  • WPBakery Visual Composer : visual-composer-4.11.2.1

yang sudah terdapat pada folder University v2.0.13 – Education, Event and Course Theme -->  Installation Files --> Theme Files --> Plugins Files

Lakukan instalasi semua plugin di atas menggunakan langkah 13 dan 14

Catatan:

1. Pada instalasi mode lokal, besarnya file yang dapat diunggah hanya 2MB, sehingga akan terjadi galat/error saat proses instalasi plugin dengan ukuran melebihi 2MB seperti pada plugin revolution-slider-5.2.5

2. Ubah konfigurasi  upload_max_filesize  pada bagian File Uploads menjadi minimal 8M pada file php.ini (untuk XAMPP terdapat di c:XAMPPphp ). Kemudian simpan