Cara Merakit Komputer (Bagian 6) - Instalasi Driver di Windows 7

Minggu, 18 Desember 2016 08:22:07 ,Oleh ,Dilihat : 2.929 x

Diasuh oleh Dr. Ir. Agus Wibowo, M.Kom, M.Si, M.M. 

Setelah sistem operasi terpasang, maka langkah berikutnya adalah melakukan instalasi device driver atau sering disingkat penyebutannya oleh para teknisi dengan sebutan driver. Tanpa driver komputer tidak dapat mengeluarkan suara, tampilannya akan patah-patah ketika memutar video, tidak dapat terkoneksi kejaringan Wifi atau kabel, tidak bisa membaca peralatan USB seperti flashdisk serta komputer atau laptop cenderung bekerja lambat. Device driver adalah istilah teknologi informasi yang mengacu kepada komponen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras. Sebagian besar perangkat keras, tidak akan dapat berjalan atau sama sekali tidak dapat berjalan tanpa driver yang cocok yang terinstal di dalam sistem operasi. (Sumber : Wikipedia).

Untuk melihat driver ini sudah terpasang dengan lengkap atau belum pada Windows 7, klik tombol Start --> Control Panel -->Hardware and Sound --> Devices and Printers --> Device Manager

Selanjutnya akan ditampilkan jendela Device Manager. Jika driver ada yang belum terinstal, maka aan dikelompokkan pada bagian Other devices

Pada kelompok Other Devices terdapat tanda seru ! yang menandakan peringatan bahwa perlu dilakukan instalasi pada perangkat keras tertentu. Penjelasan dari perangkat tersebut adalah :

  • Ethernet Controller : adalah LAN Card, yang berfungsi untuk koneksi jaringan melalui kabel LAN menuju perangkat switch atau hub.
  • Network Controller : adalah Wifi card yang berfungsi untuk koneksi jaringan wireless/nirkabel melalui Acces Point atau Hotspot.
  • PCI data acquisition and signal processing controller : adalah Chipset Intel  Intel® Dynamic Platform and Thermal Framework, yang dikenal sebagai DPTF. Fungsi utamanya adalah membantu proses pendinginan sistem maotherboard serta prosessor agar lebih senyap (tidak berisikakbat suara kipas cooler yang terlalu kencang).
  • PCI simple communications controller : merupakan bagian dari Intel AMT (Active Management Technology) Management Engine Interface, ini berhubungan dengan hal jaringan (networking). Biasanya yang masuk dalam kelompok ini adalah hardware komputer seperti Modem (analog), gigabit-ethernet, pci-card modem, microsoft-bus audio, hsf-modem, webcam dan lainnya.
  • SM bus controller : dikenal juga dengan system bus controller, merupakan bagian dari chipset intel yang bertugas memonitor temperatur suhu dan tegangan dari motherboard. Semua program yang bertugas untuk melakukan pembacaan temperatur dan tegangan motherboard, membutuhkan fungsi dari controller ini.

Driver ini sudah tersedia pada CD atau DVD pada saat pembelian komputer atau laptop. Untuk melakukan instalasi dari DVD bawaan komputer atau laptop, masukkan CD/DVD ke windows. Akan muncul menu autorun, kemudian pilih driver yang diinginkan. Ikuti petunjuk yang ada. Setelah proses instalasi driver selesai, lakukan restart pada komputer atau laptop. Ulang prosedur instalasi ini untuk driver berikutnya.


Selain menggunakan CD/DVD bawaan dari laptop/komputer, dapat digunakan alternatif lainnya yaitu instalasi secara online menggunakan DriverPack Solution yang secara otomatis memasang versi driver 32 atau 64 bit beserta jenis Windows yang akan digunakan (Windows XP, 7, 8, 8.1, 10). Proses ini dilakukan jika kita tidak memiliki CD/DVD driver dari PC/laptop yang akan dipasang drivernya. Biasanya dilakukan oleh toko jasa perbaikan komputer. Untuk proses instalasi ini anda harus menggunakan modem, karena jika menggunakan WiFI atau LAN belum memungkinkan karena driver LAN/Wifi nya sendiri belum  terpasang. Langkah instalasi drive secara online

1. Pasang modem USB dan lakukan proses instalasi modem

2. Setelah modem terpasang, kunjungi situs resmi DriverPack Solution :

https://drp.su

3. Pilih menu unduhan Install all necessary drivers, setelah selesai terunduh kemudian lakukan instalasi perangkat driver pack versi online.


4. Jalankan driver pack versi online, perangkat lunak akan mendeteksi secara otomatis driver apa saja yang akan dipasang. Kemudian pilih Install (bukan Install and Update karena akan memasang juga perangkat lunak seperti browser, torrent dan sebagainya yang belum tentu anda butuhkan sehingga membutuhkan proses lebih lama).