Cara Membuat Toko Online (Bagian 8) - Membuat Atribut dan Produk

Kamis, 16 Pebruari 2017 10:13:22 ,Oleh ,Dilihat : 1.412 x

Diasuh oleh Dr. Ir. Agus Wibowo, M.Kom, M.Si, M.M

Sebelum menambahkan suatu produk, harus disiapkan dulu atribut dari produk yang akan dijual. Atribut sendiri adalah sifat atau keadaan yang melekat pada sebuah obyek. Untuk contoh kita gunakan orang, dimana orang memiliki berbagai atribut/spesifikasi yang berbeda seperti jenis kelamin, nama, umur, pendidikan, alamat, tinggi badan dan pekerjaan. Demikian juga barang yang akan kita jual, sebagai contoh flash disk, akan memiliki atribut merk seperti kingston, toshiba, adata, kemudian atribut kapasitas penyimpanan misalnya 32GB, 64 GB, 128 GB serta 256 GB. Atribut ini berguna bagi user untuk melakukan perbandingan spesifikasi dari 2 atau lebih produk serupa sehingga dapat melakukan pemilihan barang yang optimal dari segi merek, harga serta kinerja.Keberadaan dari atribut produk merupakan pelengkap, jadi tidak wajib Anda buat.

Berikut cara menambahkan atribut :

1. Hapus semua atribut yang sudah ada sebelumnya dengan cara : dari dasbor memilih menu Katalog, dilanjutkan Atribut, kemudian Atribut lagi. Beri tanda centang pada kolom Nama Atribut, kemudian tekan tombol Hapus 

2. Hapus semua Atribut Grup yang sudah ada sebelumnya dengan cara : dari dasbor memilih menu Katalog, dilanjutkan Atribut, kemudian Atribut Grup . Beri tanda centang pada kolom Nama Atribut, kemudian tekan tombol Hapus 

3. Buat grup atribut yang baru dengan memilih menu Katalog --> Atribut --> Atribut Grup kemudian dilanjutkan dengan menekan tombol Tambah Baru.


4.  Kita akan membuat grup atribut prosesor untuk penjualan produk Laptop, Desktop serta Mainboard. Pada baris Nama Grup Atribut isikan

  • Untuk bahasa Indonesia isikan Prosesor.
  • Untuk bahasa Inggris isikan Processor.
  • Urutan / Sort Order, isikan 1.

Kemudian tekan tombol Simpan.


Ulang langkah di atas untuk menambahkan grup atribut yang lain seperti Mainboard, Ukuran Layar, Merek, Harga dan seterusnya.

5. Setelah Grup atribut berhasil dibuat, buat atribut yang baru dengan menekan tombol Tambah Baru.


3.  Pada baris Nama Atribut isikan

  • Untuk bahasa Indonesia Jenis Prosesor.
  • Untuk bahasa Inggris isikan Processorype T.
  • Grup Atribut pilih Prosesor
  • Urutan, isikan 1.

Kemudian tekan tombol Simpan.


Menambahkan Produk
Setelah kategori serta atribut selesai dibuat, barulah produk yang akan dijual dapat ditambahkan ke dalam kategori serta atribut. Berikut langkah menambahkan produk kedalam toko online :
1.  Pilih menu Katalog, kemudian pilih Produk. Selanjutnya tekan tombol Tambah Baru untuk menambahkan produk baru.

2. Pilih tab General, kemudian pilih tab Bahasa Indonesia
Kemudian isikan pada baris :
  • Nama Produk, sebagai contoh kita ingin menjual sebuah prosesor Intel dengan kategori prosesor dengan nama produk : Intel Core i5 6500 3.2 Ghz Box.
  • Keterangan, isikan penjelasan tentang produk yang akan dijual. Sebagai contoh untuk produk prosesor dicantumkan kategori Intel atau AMD,  kecepatan prosesor, cache memory, soket serta penjelasan singkat tentang prosesor yang dijual, contoh Intel Core i5, Quad Core, 3.2GHz, 7MB Total Cache, GPU Type: Intel HD Graphics 530, Skylake-S, 65W TDP, Socket LGA 1151
  • Meta Tag Title / Judul Tag Meta, merupakan judul halaman yang akan ditampilkan. Pemilihan judul ini akan sangat berpengaruh untuk optimasi mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing atau Yandex. Sebagai contoh diisikan : “Jual prosesor Intel Core i5 6500 3.2 Ghz Box ”.
  • Meta Tag Description/ Deskripsi Tag Meta, merupakan deskripsi yang akan dimunculkan pada mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing atau Yandex. Sebagai contoh diisikan : “Jual prosesor Intel Core i5 6500 3.2 Ghz Box murah bergaransi resmi”.
  • Meta Tag Keywords, merupakan kata kunci yang sering diketikan pengunjung pada mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing atau Yandex. Sebagai contoh diisikan : "Jual, prosesor, Intel, Core i5, Box, murah, bergaransi, resmi ".
  • Product Tags, merupakan kata kunci yang sering diketikan pengunjung pada halaman pencarian toko online, kata kunci ini dituliskan dengan dipisahkan tanda koma. Sebagai contoh diisikan : prosesor, intel.


3. Pilih tab General, kemudian pilih tab English
Kemudian isikan pada baris Meta Tag Title dan Keterangan dalam bahasa Inggris

Meta Tag Title, Meta Tag Description, Meta Tag Keywords dan  Product Tags dalam bahasa Inggris


4. Kemudian pilih tab Data, isikan pada Model dengan nama model produk yang akan dijual, kemudian tekan tombol Simpan


TOP