Tutorial Belajar Rapidminer (Bagian 16) - Mengekspor Data dari Rapidminer

Senin, 11 September 2017 14:25:10 ,Oleh ,Dilihat : 191 x

Diasuh oleh Dr. Ir. Agus Wibowo, M.Kom, M.Si, M.M

       Sampai sejauh ini, kita hanya berfokus untuk memanipulasi data di RapidMiner, namun kita mungkin bertanya: bagaimana cara kita mendapatkan data dari RapidMiner? Misalnya untuk kolaborasi, analisis lanjutan, atau redundansi, di mana mengekspor data merupakan tugas penting untuk dapat dilakukan. Tutorial ini akan menunjukkan bagaimana dengan mudah mengekspor data kita pada RapidMiner.

Langkah 1. Menuliskan data ke file.

 1. Tarik data Titanic ke dalam proses.

2. Cari operator Write Excel dan seret ke dalam proses, hubungkan operator.

3. Di Parameters dari  Write Excel, tentukan lokasi file untuk file parameter excel. Pastikan bahwa Anda memiliki ijin untuk menulis file ke lokasi ini. 

       Kita dapat menentukan path secara bebas untuk lokasi  file Excel. Operator akan mengambil data Titanic dan menulis dataset lengkap ke dalam file excel. Ada puluhan operator yang tersedia untuk format file yang berbeda, serta format untuk penulisan ke database. Kita juga dapat menemukan operator untuk menulis hasilnya kembali ke aplikasi untuk bisnis, seperti sistem CRM atau ERP. Jenis koneksi ke aplikasi bisnis lainnya sangat penting. Kapan pun kita mengambil keputusan bisnis dengan menggunakan model prediktif, ki ta dapat mengoperasionalkan permodelannya

    Jika kita membutuhkan lebih banyak operator, misalnya untuk penulisan ke dalam format yang berbeda, cobalah tautan Get More Operators di bagian bawah panel Operator. Tautan ini akan membuka RapidMiner Marketplace yang menawarkan ekstensi ratusan operator tambahan.

Langkah 2. Menyimpan ke dalam repositori.

       Bila memungkinkan, kita sangat merekomendasikan penggunaan repositori atau database, bukan file, karena RapidMiner juga menyimpan data meta di repositori. Data meta ini kemudian digunakan selama proses desain. Misalnya, RapidMiner dapat menggunakannya untuk menampilkan nama atribut yang berbeda pada dialog pilihan. Kita telah melihat sebelumnya bahwa kita dapat menyimpan data dalam repositori dengan mengimpornya. Sekarang, kita akan belajar bagaimana cara menggunakan operator untuk menyimpan data, model, atau hasil lainnya ke dalam repositori .

 1. Tambahkan operator Store ke proses dan hubungkan. 

2. Tentukan parameter entri repositori  dan pilih lokasi di Repositori Lokal Anda. 

 Hubungkan output Store juga dengan port "res" di sebelah kanan.

 3. Jalankan prosesnya. 


 

 


TOP