Cara bisnis Online Valas (Bagian 8) - Prinsip Cara Menggunakan Indikator Pivot Point bagian 2

Senin, 26 Maret 2018 16:01:29 ,Oleh ,Dilihat : 211 x

Diasuh oleh Dr. Ir. Agus Wibowo, M.Kom, M.Si, M.M.

    Pada tutorial sebelumnya kita sudah membahas cara melakukan order sell pada area Resistance, maka pada pertemuan ini kita akan melanjutkan pembahasan tentang cara melakukan order buy pada area Support ( yang terletak pada garis pivot bulanan Support 2 dan Support 3). Area support adalah suatu area di mana harga bergerak ke nilai cukup rendah (harga mata uang sudah murah) sehingga di manfaatkan oleh para pedagang (trader) untuk melakukan aksi beli (buy). Berikut langkah melakukan pending order beli :

1. Catat harga batas garis pivot Support 3 atau Support 2

2. Buka terminal (tekan tombol CTRL dan T), kemudian klik kanan pada terminal.

3. Tekan tombol Order Baru (1), pada volume atur misalnya 0.01 Lot (2), pada opsi Tipe, pilih : Order Tunda (3), pada tipe order tunda pilih opsi Buy Limit (4), pada opsi Harga, isikan garis level pivot S3 atau S2  contohnya 1.1702 (5), kemudian tekan tombol Pasang(6).

4. Jika berhasil, Anda dapat melihat pada terminal bahwa order yang sudah dibuat sedang menunggu antrian untuk dieksekusi.

Catatan:

Agar kita dapat melihat batas R3, R2, R1, pivot, S1, S2, S3 pada pivot bulanan, maka lakukan 2 hal berikut :

1. Atur Time Frame ke H4 (Candle 4 jam)

2. Klik kiri dan tahan jangan dilepas pada bagian kolom harga, kemudian geser mouse ke arah bawah sampai terlihat batas R3 atau S3.

Cara menentukan target keuntungan

    Posisi pending beli atau jual yang sudah diantrikan masih belum memiliki target keuntungan (Take Profit). Oleh karena itu, kita perlu mengatur target harga untuk mengambil untung pada level harga tertentu. Jika harga sudah melewati batas target keuntungan, maka posisi akan tertutup secara otomatis. Berikut cara menentukan level harga Take Profit (TP)

1. Lihat garis pivot point, catat

2. Klik kanan order yang ingin diatur target untungnya (1), kemudian pilih Modifikasi/Hapus Order(2).


3. Pada opsi Ambil Untung, isikan garis level Pivot Point, dalam contoh ini adalah : 1.2311 (1). Kemudian tekan tombol Modifikasi (2)


4. Jika sudah maka akan muncul garis merah putus-putus yang menandakan posisi Ambil Untung di sekitar garis Pivot Point.