Cara Membuat Website dengan CMS Joomla (bagian 1) - Pengantar CMS Joomla

Senin, 04 Desember 2017 16:35:23 ,Oleh ,Dilihat : 434 x

Diasuh oleh Dr. Ir. Agus Wibowo, M.Kom, M.Si, M.M.

       Joomla adalah  sistem manajemen konten (CMS) yang gratis dan berbasis open source yang berfungsi untuk menerbitkan konten pada sebuah web. Joomla dibangun di atas framework (kerangka) aplikasi web model-view-controller (MVC) yang dapat digunakan secara independen. 

       Joomla ditulis menggunakan skrip PHP, dengan teknik pemrograman berorientasi objek (OOP) dimulai dari versi 1.5 dan pola perancangan perangkat lunak ( software design patterns), menggunakan penyimpanan data dengan database MySQL, MS SQL (sejak versi 2.5), atau PostgreSQL (sejak versi 3.0) dan memiliki fitur seperti caching halaman, umpan RSS, versi halaman yang dapat dicetak, kilasan berita, blog, pencarian, serta mendukung untuk internasionalisasi bahasa. 

       Terhitung sampai awal bulan november 2016, Joomla telah diunduh lebih dari 86 juta kali. Lebih dari 7.900 ekstensi gratis dan komersial tersedia pada direktori ekstensi Joomla, dan ekstensi lainnya yang tersedia dari sumber lain. Jooomla diperkirakan merupakan sistem manajemen konten kedua terbanyak yang digunakan di internet setelah CMS WordPress.

Berikut contoh website yang dibuat menggunakan CMS Joomla :

1. FTI Universitas Kristen Satya Wacana  Salatiga

http://fti.uksw.edu


2. STMIK Provisi Semarang

http://provisi.ac.id