Tutorial Membuat Website (Bagian 6) - Cara menggunakan Softaculous/Fantastico

Minggu, 21 Agustus 2016 10:41:11 ,Oleh ,Dilihat : 1.423 x

Diasuh oleh :  Dr. Ir. Agus Wibowo, M.Kom, M.Si, M.M     

     Softaculous atau Fantastico adalah skrip otomatis yang digunakan untuk proses instalasi aplikasi web (jenis portal, forum, ecommerce, galeri gambar, blog dan sebagainya) secara otomatis sehingga memudahkan proses instalasi pada server hosting. Fasilitas ini dapat anda gunakan jika aplikasi yang akan dipasang berupa CMS (Content Management System) seperti Wordpress, Joomla, Drupal, Prestashop, Opencart, PHP BB dan lainnya. Dengan Softaculous/Fantastico, kita tidak usah repot-repot membuat database, user database, privilege user database, mengedit file konfigurasi serta menghapus file instalasi saat melakukan proses instalasi aplikasi web. Fasilitas ini tidak dapat dipakai jika aplikasi yang akan dipasang berupa jenis  framework seperti CI (Code Igniter), Laravel atau koding manual PHP, HTML, MySQL tanpa Framework.

Secara umum terdapat 3 golongan aplikasi web yang umum diinstal di sebuah webhosting :

1. Aplikasi yang dibuat secara manual menggunakan HTML, PHP, MySQL.

2. Framework untuk Web Development seperti Code Igniter, Laravell, Symfony, YII, Zend, CakePHP dan lainnya. Sebagai contoh kampus STEKOM menggunakan framework Code Igniter (CI) serta Bootstrap untuk situs resmi http://stekom.ac.id

3. Content Management System (CMS) seperti Wordpress, Joomla, Drupal, Prestashop, SMF, Abante Cart dan lainnya.

Berikut contoh langkah instalasi aplikasi web menggunakan CMS Wordpress :

1. Pilih grup menu Softaculous Apps Installer

2. Pada dialog Top Scripts, terdapat aplikasi yang paling populer diinstal oleh pengguna Softaculous seperti CMS Wordpress (blog atau portal), Abante Cart(toko online), Prestashop(toko online), Joomla(portal), phpBB(forum), SMF(forum). Pilih Wordpress.


3. Akan muncul kotak dialog Install pada script Softaculous beserta preview dari aplikasi Wordpress yang akan diinstal pada sebelah kiri kotak dialog. Pada contoh versi wordpress yang akan diinstal adalah versi 4.5.3. Tekan tombol Install Now.


4. Selanjutnya isikan opsi pada software setup seperti :

  • Choose protocol, pilih http.
  • choose domain, pilih domain yang ada, sebagai contoh kuliah-gratis.com
  • in directory, kosongkan jika aplikasi web yang dibuat merupakan web utama (cara ini adalah cara yang normal). Pada contoh diisikan woocommerce (menggunakan sub directory), karena sudah ada isi aplikasi web pada directory utama, sehingga apabila terinstal harus dibuka dengan alamat http://kuliah-gratis.com/woocommerce. Jika directory dikosongkan maka aplikasi dibuka dengan alamat http://kuliah-gratis.com.


Pada bagian bawah opsi instalasi terdapat themes (tema tampilan untuk halaman depan aplikasi Wordpress), anda dapat memilih salah satu tampilan tema yang sesuai, misalnya dipilih tema Poseidon. Tekan tombol Install untuk melanjutkan.

6. Setelah proses instalasi selesai, maka kita dapat mebuka halaman depan dari situs yang berhasil diinstal

Materi selanjutnya :

Bagian 7 - Mengenal Aplikasi Web untuk Hosting

Materi sebelumnya :

Bagian 5 - Cara Membuat Email Hosting Sendiri

TOP