Tutorial Membuat Website (Bagian 3) - Cara Membuat Domain dan Sewa Hosting

Sabtu, 20 Agustus 2016 07:36:02 ,Oleh ,Dilihat : 1.311 x

Diasuh oleh :  Dr. Ir. Agus Wibowo, M.Kom, M.Si, M.M    

Untuk dapat menggunakan domain dan hosting, kita harus memesan melalui jasa layanan penyedia hosting dan domain, baik berasal dari Indonesia atau luar negeri. Jika kita menggunakan layanan jasa dari luar negeri biasanya dibayar menggunakan rekening PayPal atau kartu kredit. Sedangkan untuk layanan hosting dan domain dari Indonesia cukup menggunakan transfer bank seperti BCA, Mandiri atau BNI. Berikut contoh situs penyedia layanan jasa dari web hosting dan domain :

Sebagai contoh untuk registrasi domain dan hosting, kita akan menggunakan layanan dari IIXMedia, di mana kita pilih paket hosting gratis domain. Berikut langkahnya :

1. Kunjungi situs dari IIXMedia :

http://iixmedia.com

2. Pilih menu hosting, kemudian pilih hosting free domain.


Sumber : iixmedia.com (2016)

3. Akan tampil halaman pemilihan paket hosting gratis domain, sebagai contoh kita pilih FreeDOM 275, kemudian tekan tombol Order untuk melanjutkan.

Sumber : iixmedia.com (2016)

4. Dilanjutkan dengan halaman pemesanan nama domain. sebagai contoh kita ingin memesan domain dengan nama kuliah-gratis.com, maka kita pilih opsi daftarkan domain baru (1), pada baris isian nama domain yang diinginkan kita isi kuliah-gratis (2), sedangkan pada opsi ekstensi domain kita pilih .com (3) kemudian tekan tombol Continue (4).

Sumber : iixmedia.com (2016)

5. Karena domain kuliah-gratis.com belum ada yang menyewa, maka kita berhak menyewa. Akan opsi lama waktu penyewaan, sebagai contoh kita pilih 1 tahun.

Sumber : iixmedia.com (2016)

6. Tekan tombol Continue untuk melanjutkan, seperti yang dijelaskan pada gambar di bawah (penawaran domain lainnya yang masih tersedia).

7. Akan dilanjutkan dengan ringkasan nama domain serta paket hosting yang dipesan lengkap dengan biaya yang dibutuhkan seperti yang dijelaskan pada gambar di bawah. Kemudian tekan tombol Continue untuk melanjutkan.

Sumber : iixmedia.com (2016)

8.  Kemudian isikan data pemesan seperti nama awal, nama akhir, nama perusahaan, alamat, kota serta alamat email.

Sumber : iixmedia.com (2016)
9.  Dilanjutkan dengan pilihan Cara Pembayaran, sebagai contoh dipilih Bank transfer. Beri tanda centang pada opsi Saya sudah membaca dan menyetujui Syarat layanan. Tekan tombol Selesaikan Belanja seperti pada penjelasan gambar  di bawah.