Cara Merakit Komputer (Bagian 8) - Instalasi Antivirus di Windows 7

Sabtu, 14 Januari 2017 10:16:03 ,Oleh ,Dilihat : 874 x

Diasuh oleh Dr. Ir. Agus Wibowo, M.Kom, M.Si, M.M 

Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga perangkat lunak perlindungan virus. Program ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang (tidak terlihat secara fisik sedang dibuka seperti Microsoft Office atau Firefox) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan).

Antivirus-antivirus terbaru sekarang tidak hanya mendeteksi virus. Program antivirus sekarang juga telah dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi perangkat pengintai (spyware), kit-akar (root kit), dan perangkat perusak (malware) lainnya. Tidak hanya itu, antivirus sekarang dilengkapi dengan firewall untuk melindungi komputer dari serangan peretas dan anti spam untuk mencegah masuknya email sampah dan/atau virus ke kotak masuk pengguna.

Antivirus berdasarkan penggunanya dibagi menjadi 2, yaitu pengguna rumah (home user) dan pengguna jaringan/perusahaan (network/corporate user. Untuk pengguna rumah, antivirus berjalan seperti biasa. Untuk versi jaringan, antivirus dapat melakukan pemindaian di komputer-komputer klien dan jaringan drive. Selain itu, proses pembaruan komputer klien dalam jaringan tidak harus langsung dari internet. Komputer klien dapat melakukan pembaruan langsung dari server jaringan.

Antivirus berdasarkan cara memperolehnya terbagi menjadi sebagai beikut:

  • Antivirus gratis (free antivirus) : antivirus yang diperoleh secara gratis,
  • Antivirus trial (trial antivirus)  : antivirus yang diperoleh secara gratis namun diberi batasan waktu (contoh 15 hari, 30 hari). Setelah melewati batas waktunya, antivirus tidak akan berfungsi sampai dilakukan pembayaran untuk melakukan aktivasi ulang.
  • Antivirus donasi (donation antivirus) : antivirus yang diperoleh dengan harus mendonasi
  • Antivirus berbayar (paid antivirus) : antivirus yang diperoleh dengan cara membeli.

Di bawah ini adalah macam-macam AntiVirus yang dapat didownload secara gratis  (free antivirus) :

1. AVG AntiVirus
2. Avira AntiVirus
3. Smadav AntiVirus Lokal Indonesia
4. Avast AntiVirus
Contoh Instalasi Antivirus Avira
1. Mengunduh  Avira versigratis dari alamat :


2. Pilih pada opsi for Home, pilih Avira Free Antivirus, klik More Version. Akan muncul halaman web yang baru berisi Product Instalation Files, kemudian klik untuk memilih pada ukuran file yang paling besar di mana merupakan versi off line installer (dapat dipasang dikomputer lainnya tanpa koneksi internet). Pada contoh di sini ukuran versi off line sebesar 242 MB sedangkan versi online adalah 4 MB.

3. Setelah terunduh, klik 2x file instalasi dengan nama avira_antivirus_en-us, akan muncul kotak dialog Choose Instalation Type, beri tanda centang pada opsi I accept the End User License Agreement and the Privacy Policy, klik Next untuk melanjutkan.


4. Muncul kotak dialog Welcome to the license wizard, pilih opsi Install Avira Free Antivirus, klik license file untuk memasukkan lisensi file avira.


5. Arahkan ke file dengan ekstensi .key diletakkan, klik Open untuk melanjutkan

6. Pada kotak dialog, Please enter personal detail, bisa dikosongkan isiannya. Klik Next untuk melanjutkan.

7. Ikuti proses intalasi yang ada sampai selesai.

Cara mengupdate Virus Definition versi offline
Antivirus yang terpasang secara otomatis akan memperbarui data base virusnya secara berkala jika terdapat koneksi internet. Jika komputer yang terpasang antivirus memiliki koneksi internet yang terbatas atau bahkan tidak terkoneksi sama sekali, dapat dilakukan update menggunakan versi offline. Jika jumlah komputer yang akan diupdate  ini banyak, maka akan sangat menghemat bandwith dari koneksi internet yang dibutuhkan. Berikut langkah memperoleh virus definition yang terbaru (avira fusebundle generator) :
1. Mengunduh virus definition dari avira dengan alamat 
Atau dapat dicari di google dengan kata kunci :  avira fusebundle generator

2. Mengekstrak file hasil unduhan avira_fusebundlegen-win32-en.zip sehingga membentuk sub folder avira_fusebundlegen-win32-en.
3. Masuk ke sub folder avira_fusebundlegen-win32-en, kemudian klik 2x file dengan nama fusebundle


4. Akan muncul proses unduhan (bisa berlangsung antara 20 menit hingga 2 jam lebih, tergantung pada kecepatan koneksi internet yang ada).


5. Akan terbentuk folder install yang didalamnya terdapat file berisi virus definition, yaitu data base virus terbaru yang dapat dikenali dan ditangani.


6. Virus definition ini sudah siap di gunakan untuk  melakukan update secara offline pada komputer yang tidak terkoneksi  internet.

7. Prosedur ini harus diulang setiap sebulan sekali untuk menambah database virus yang terbaru di mana membutuhkan waktu yang lebih singkat karena hanya menambahkan data terbaru saja.

8. Untuk mengupdate di Windows 7, klik tombol Start --> Program --> Avira -->Antivirus -->Start Avira Antivirus. Pilih menu Update -->Manual update


9. Arahkan pada folder avira_fusebundlegen-win32-en -->install. Pada opsi file name, pilih nVDF Update file, klik vdf_fusebundle.zip, klik Open


10. Tunggu sampai  proses update selesai


11. Untuk mengupdate database antivirus di komputer lainnya, salin file bernama  vdf_fusebundle.zip dan lakukan proses update seperti langkah di atas




TOP