Cara Membuat Website dengan CMS Joomla 3.x (bagian 7) - Memasang Templates

Senin, 22 Januari 2018 15:27:55 ,Oleh ,Dilihat : 602 x

Diasuh oleh Dr. Ir. Agus Wibowo, M.Kom, M.Si, M.M.

    Jika kita berkunjung ke situs yang dibuat menggunakan Joomla, maka pada tampilan halaman depannya (front end) bisa berbeda-beda, meskipun dibuat menggunakan versi Joomla yang sama. Hal ini dimungkinkan karena Joomla mengijinkan kita untuk memasang ekstensi berupa templates. Fungsi dari templates ini seperti mengganti casing pada ponsel, sehingga memiliki tampilan berbeda dengan mesin yang sama. Template ini dirancang sesuai versi yang joomla yang digunakan, ada templates untuk Joomla versi 1.5, 2.5 dan 3.x. Setiap versi template hanya dapat dipasang sesuai dengan versi joomla yang digunakan. Selain itu terdapat versi template joomla yang gratis dan berbayar. Tampilan dari versi yang gratis biasanya cukup standar atau tidak terlalu menarik, sedangkan yang berbayar biasanya memiliki penampilan lebih bagus dan mendukung update terkait isu keamanan.

    Template yang berbayar biasanya mewajibkan kita untuk mendaftar sebagai anggota dengan biasa berkisar mulai 50 USD, biasanya menggunakan Paypal atau Kartu Kredit. Contoh pembuat template dan ekstensi Joomla adalah JoomlArt, Gavick, YooJoomla, shape5, RocketTheme, Template Monster dan lainnya. Berikut langkah  memasang templates tambahan pada Joomla.

Langkah pertama mengunduh template

1. Cari di Google dengan kata kunci " joomla 3.8 free template", sebagai contoh kita unduh template dari situs ltheme.com.


https://ltheme.com/joomla-templates/

2. Pada pilihan template yang tersedia misalkan kita pilih LT Golf, kemudian kita pilih 


pilih Get it Now

4. Kemudian klik tombol Download