Tutorial Membuat Website (Bagian 17) - Konfigurasi Logo Header, Footer , Warna Menu dan Widget dari Tema Baru

Senin, 05 Desember 2016 15:59:11 ,Oleh ,Dilihat : 1.021 x

Diasuh oleh Dr. Ir. Agus Wibowo, M.Kom, M.Si, M.M.

       Saat tema yang baru terpasang, secara baku belum terdapat logo pada bagian header. Untuk itu kita harus mempersiapkan logo tersendiri dengan jenis gambar menggunakan format PNG bukan JPG. Dengan menggunakan format PNG, logo akan memiliki kemampuan transparan pada bagian sisi (atas, bawah, kiri, kanan) yang tidak terpakai sehingga kelihatan menyatu dengan tema. Ukuran logo ini dapat diatur ulang menggunakan perangkat lunak photoshop, ukuran tinggi gambar maksimum dianjurkan kurang dari 100 px. Berikut langkah cara mengganti logo :

1. Masuk ke dasbor admin, pilih menu Tampilan --> Theme Options


2. Pilih bagian Logo Image, tekan tombol + Upload your logo image

3. Pada bagian Add Media, pilih Unggah Berkas, pilih logo yang akan digunakan,setelah terunggah kemudian tekan tombol Send to Option Tree. Pada contoh di sini ukuran logo yang digunakan memiliki tinggi 90 px serta lebar 77 px.

4. Untuk mengganti warna dari menu, pilih opsi Colors, untuk merubah warna menu primer (menu Home, about us dan lainnya) pilih Main color 2, klik opsi Pilih Warna, pada kode warna sebagai contoh dimasukkan kode #cd2122. Untuk mengganti merubah warna menu sekunder (contoh kotak search, icon social network), pilih Main color 1, klik opsi Pilih Warna, pada kode warna.

5. Untuk  mengganti tulisan pada bagian footer, arahkan ke bagian Copyright Text. Isikan dari keterangan untuk footer


6. Kemudian simpan semua seting dengan menekan tombol Save Changes pada bagian pojok kanan bawah


Merapikan tampilan tema

Tema yang kita pilih ini sangat kompleks, banyak plugin yang yang ditampilkan sekaligus pada halaman pengunjung sehingga menimbulkan kesan yang simpang siur ketika pertama kali dipasang. Untuk menyederhanakan tampilan agar lebih mudah dikonfigurasi, kita lakukan beberapa hal sebagai berikut :

1. Menghapus posting dari sampel instalasi

dari dasbor pilih menu, pilih menu Pos (keterangan 1) --> Semua Pos (keterangan 2) , beri centang pada opsi Judul (keterangan3), pada opsi Tindakan Masal  ganti ke Pindahkan ke Tong Sampah(keterangan 4), pilih Terapkan (keterangan 5)


2. Menghapus beberapa halaman kecuali Home serta beberapa halaman untuk menu yang masih diperlukan.

Dari dasbor pilih menu, pilih menu Laman (keterangan 1) --> Semua Laman (keterangan 2), beri centang pada opsi Judul (keterangan3), pada opsi Tindakan Masal  ganti ke Pindahkan ke Tong Sampah(keterangan 4), pilih Terapkan (keterangan 5)

3. Menghapus elemen widget yang ada pada halaman Home. Dari dasbor pilih menu, pilih menu Laman (keterangan 1) --> Semua Laman (keterangan 2), arahkan pada bagian halaman Home (keterangan 3), klik pada Sunting (keterangan 4).