Tutorial Linux (Bagian 5) - Aplikasi di Linux Ubuntu

Senin, 16 Januari 2017 13:17:25 ,Oleh ,Dilihat : 1.799 x

Diasuh oleh Dr. Ir. Agus Wibowo, M.Kom, M.Si, M.M

Seperti halnya dengan sistem operasi Windows, pada linux desktop juga terdapat beberapa aplikasi yang sejenis atau setara fungsinya. Salah satunya adalah file manager (sejenis Windows explorer) dari GUI Unity milik Ubuntu. Dengan file manager ini Anda dapat melakukan aktifitas copy, paste, baca, tulis atau menghapus file pada linux. Jika anda baru pertama kali mengenal linux, folder atau direktori ini terkesan aneh atau asing karena kita sudah terbiasa menggunakan Windows. Pada Linux tidak akan terdapat drive C, D, E sampai Z. Yang ada adalah direktori induk atau root (yang ditulis dengan notasi : /). Semua partisi (selain drive C) serta flashdisk atau DVDROM akan di mounting (di muat) pada direktori/folder  /media. Anda cukup membiasakan saja untuk melihat dan mengoperasikannya.

Struktur direktori Linux

Pada sistem operasi Windows (XP, 7, 8 dan Windows 10) terdapat file manager dengan nama Windows explorer yang berfungsi untuk mengakses seluruh file yang terisimpan pada folder pada drive C, D, E dan seterusnya. Agar lebih mudah dipahami, maka akan dijelaskan menggunakan perbandingan folder pada windows.


Pada sistem operasi Linux, folderbiasa disebut dengan nama direktori. Tidak terdapat drive C, D ataupun E, yangada adalah direktori / (disebut dengan nama root directory). Direktori / akanmemiliki banyak cabang seperti direktori (atau folder) /bin, /boot, /cdrom,/dev, /etc, /home, /lib dan seterusnya.

Berikut penjelasan fungsi folder (direktori) pada linux :

·        /   , merupakan root direktori atau direktori indukyang membentuk dasar sistem file. Semua file dan direktori /bin, /boot, /cdrom,/dev, /etc, /home, /lib dan seterusnya secara berurutan berada di dalam rootdirektori ini walaupun dari lokasi yang berbeda. Direktori / dapat dianggap sebagai drive Cnya Windows. Cara mengakses direktori /, klik icon Files (keterangan 1),kemudian arahkan ke bagian Devices, klik icon Computer (keterangan 2).

·        /home– Direktori Home menyimpan semua direktori home user. Pada direktori initersimpan file document, music, download, video. Jika di windows sejenis folderC:UserNama User. Atau folderDocuments, Music, Pictures, Videos jika di buka melalui Windows Explorer.   Pada folder direktori home akan terdapat sub direktori sesuai nama usernya masing-masing, sebagai contoh direktori home akan berisi sub direktori /asep, /reni, /stekom dan /ujang yang mewakili 4 orang user yang sudah dibuat sebelumnya.


/usr/share/appclication – berisi aplikasi serta data yang digunakan oleh banyak user sekaligus, seperti file konfigurasi default, gambar dan dokumen. Program seperti Libre Office, Mozilla firefox, VLC, Rhythmbox akan diinstal di sini (sejenis folder C:Program files di Windows).

/media – berfungsi untuk mengakses isi partisi hardisk di Windows, flashdisk serta drive DVDROM. Letak pathnya adalah /home/nama-user/nama-media. Contoh :

- /media/stekom/data 2

2. - /media/stekom/Mobile Partner

3. - /media/stekom/win7 x86

4. - /media/stekom/win7 x64 

/etc : merupakan direktori yang berfungsi untuk menyimpan skrip installation pada /etc/rc.d sub direktori dan file-file konfigurasi dari sistem, misalkan konfigurasi password user atau grup, service, penjadwalan, Ip address, Firewall dan sebagainya. Sejenis folder C:Windows

/bin – Merupakan program yang dapat dieksekusi atau kepanjangan dari binary (sejenis .exe di Windows)  yang merupakan bagian dari sistem operasi Linux. Terdapat banyak perintah Linux seperti cat, cp, ls, more, dan tar terletak pada /bin. Program yang di sini dapat dijalankan oleh semua user. Sejenis folder C:Windows

/sbin : merupakan direktori yang berfungsi untuk menyimpan aplikasi dasar dari linux yang hanya dapat dijalankan oleh super user (root) misalnya mount, shutdown, umount di mana sbin merupakan kepanjangan dari system bin. Sejenis folder C:Windowssystem32

/boot – Merupakan tempat diletakkannya Linux Kernel dan file lain yang diperlukan LILO dan GRUB boot manager.

/var : merupakan direktori untuk menyimpan informasi pencatatan log sistem, web server, mailbox dan data-data aplikasi. Sejenis folder C:Windows
/tmp : berisi file-file sementara yang dibutuhkan sebuah aplikasi yang sedang berjalan. Sejenis folder C:Windowstemp

Aplikasi di linux Ubuntu Desktop
1. Konsol atau terminal : berfungsi untuk menjalankan perintah CLI atau command Line Interface. Perintah ini CLI ini penting untuk instalasi perangkat lunak aplikasi atau driver di Linux. Untuk mengakses terminal atau xterm, tekan 3 tombol  CTRL ALT dan T bersamaan.


2. Mozilla Firefox, merupakan browser internet standar yang sudah ada di linux Ubuntu desktop