Cara Merakit Komputer (Bagian 7) - Instalasi Aplikasi di Windows 7

Jumat, 13 Januari 2017 08:29:27 ,Oleh ,Dilihat : 1.019 x

Diasuh oleh Dr. Ir. Agus Wibowo, M.Kom, M.Si, M.M 

Perangkat lunak aplikasi (bahasa Inggris: software application) adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah :

1. Pengolah kata, contoh Microsoft Word, Open Office Writer

2. Lembar kerja, contoh Microsoft Excell, Open Office Calc 

3. Pemutar media, contoh Media player, VLC Player, WinAmp, Cyberlink Power DVD, Quicktime, GOM Player, Real Player.

4. Aplikasi kamera, contoh Cyberlink Youcam, 

5. Penjelajah internet, contoh Mozilla Firefox, Google Crome, internet Explorer, Opera, Safari.

6. Pengolah gambar bitmap/foto, contoh Adobe Photoshop, Picasa

7. Pengolah gambar vector/logo, contoh Corel Draw, Adobe illustrator 

8. Pembuatan aplikasi Pemrograman, contoh Visual Studio dot Net, Visual Foxpro, Eclipse, NetBean

9. Antivirus contoh SMADAV, Avira, AVG, Kaspersky, Norton Antivirus, MacAfee, Avast

Contoh Instalasi Microsoft Office
Microsoft Office  adalah sebuah paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft (Ms) yang mempunyai beberapa fungsi, diantaranya Microsoft Word (Pengolah Data), Microsoft Excel (Pengolah Angka), Microsoft Power Point  (Presentasi),  Microsoft  Acces  (Databases),  dll.  Perkembangan  Microsoft  Office  ini  sangat  cepat perkembangannya, mulai dari Ms Office 95, Ms Office 97, Ms Office 2000, Ms Office 2003, Ms Office 2007, dan Ms Office 2010. Berikut ini adalah cara Menginstal Microsoft Office 2007 :
1.  Masukkanlah CD Master Microsoft Office 2007 pada CD/DVD ROM atau folder yang berisi installer Office 2007 
2.  Kemudian masuklah ke Explorer (Ctrl-E) dan Kliklah Icon CD/DVD ROM, setelah itu klik icon setup.

2. Kemudian Installer akan meminta Anda mengisikan Product Key, isilah Product Key seperti yang terdapat pada CD Master Microsoft Office 2007.


3. Beri tanda centang pada opsi I accept the terms of this agreement, kemudian klik tombol Continue


4. Selanjutnya Anda akan memilih paket Installasi pada  Office 2007 yang akan di Install. Pilih Install Now (Menginstal semua paket aplikasi Office 2007) atau Customize (Memilih salah satu dari paket aplikasi pada Office 2007).



5. Kemudian  Proses  Installasi  di  mulai.  Tunggulah  beberapa  menit  untuk  proses  installasi  ini.  Ketika proses Installasi sudah selesai, klik tombol Close untuk mengakhiri proses installasi.


Konfigurasi bahasa dan format angka

Pada saat instalasi system operasi windows, secara baku akan dipilih bahasa Inggris serta format angka menggunakan standarisasi negara barat yaitu Amerika. Agar tampilan pada aplikasi pengolah lembar kerja seperti Microsoft excel atau Open Office Calc menggunakan bahasa serta format angka di  Indonesia, maka harus disesuaikan  menggunakan pengaturan di Control Panel. 

Langkah pengaturan format angka serta bahasa lokal di Windows 7

1. Masuk ke Control panel dengan menekan tombol Start --> Control Panel. Kemudian pilih opsi View by Category, kemudian klik 2x Clock, Laguage, and Region