Tutorial Adobe Photoshop CS (Bagian 7) - Menggabungkan Adobe Ilustrator dan Photoshop

Minggu, 04 Desember 2016 12:05:25 ,Oleh ,Dilihat : 1.015 x

Diasuh oleh Dr. Ir. Agus Wibowo, M.Kom, M.Si, M.M.

Pada tutorial kali ini kita akan mempelajari perbedaan antara gambar vektor dengan bitmap, meletakkan gambar hasil  pengolahan adobe ilustrator pada file photoshop, mengatur ulang skala ukuran gambar, melakukan distorsi gambar agar sesuai dengan perspektif, menerapkan blending mode yang berbeda pada sebuah gambar, melakukan wizard gambar transparan untuk diletakkan pada file Adobe ilustrator. Pada Adobe Photoshop digunakan gambar jenis bitmap, sering juga disebut sebagai gambar raster dimana menggunakan ukuran grid dari pixel. Saat kita bekerja dengan gambar bitmap, yang kita edit adalah pixel bukan obyek atau bentuk. Gambar vektor dibuat berdasarkan persamaan matematika. Gambar jenis vektor ini terlihat jelas, garisnya halus ketika diubah ke berbagai ukuran. Gambar vektor ini banyak digunakan sebagai logo.


File latihan dapat diunduh pada tautan berikut :


Langkah untuk memulai :

1. Buka file Start04.psd

2. Pilih menu place kemudian pilih file Logo.ai, pilih Move Tools, klik tombol Place


3. Akan muncul bounding box disekitar gambar logo. Sambil menekan tombol shift dan ditahan, tarik bagian ujung bounding box untuk merubah ukuran logo. 

4.Secara otomatis photoshop akan membuat layer tambahan dengan nama Logo.ai

5.Untuk memutar logo, arahkan pointer ke bagian ujung bounding box sampai pointer berubah jadi lengkungan, putar searah  atau berlawanan arah jarum jam untuk mengatur arah logo.




Melakukan distorsi :

1. Dalam keadaan layer Logo.ai terpilih/aktif, pilih poligon lasso tool, klik mulai dari pojok kanan depan dari kotak bagian atas, klik dari satu pojok sudut ke sudut yang lain sampai bertemu titik semula.