Tutorial Kali Linux (Bagian 1) - Cara Instalasi di VMWare

Minggu, 02 April 2017 14:35:50 ,Oleh ,Dilihat : 1.119 x

Diasuh oleh Dr. Ir. Agus Wibowo, M.Kom, M.Si, M.M 

Kali Linux adalah distribusi Linux yang merupakan turunan dari Debian yang dirancang untuk forensik digital dan pengujian penetrasi. Kali Linux dirawat dan didanai oleh Offensive Security Ltd. Pengembang inti dari Kali Linux adalah  Mati Aharoni, Devon Kearns dan Raphaël Hertzog . Distro Kali Linux sudah dilengkapi dengan lebih dari 300 program  pengujian penetrasi, termasuk Armitage (tool manajemen grafis untuk penyerangan di dunia maya ), nmap (port scanner), Wireshark (penganalisa paket), John the Ripper untuk membobol password, Aircrack-ng (satu set perangkat lunak untuk  pengujian penetrasi jaringan LAN nirkabel/wifi), Burp suite dan OWASP ZAP yang berfungsi untuk memindai keamanan aplikasi web.

Untuk menjalankan Kali Linux, dapat diinstal pada hard disk komputer, dapat di-boot dari live CD atau live USB, atau dapat dijalankan dalam mesin virtual seperti VMware. Kali Linux adalah platform yang didukung oleh Framework Metasploit, yang merupakan framework untuk mengembangkan dan pengujian eksploitasi keamanan.

Kali linux dikembangkan oleh Mati Aharoni dan Devon Kearns dari Offensive Security Ltd melalui penulisan ulang dari BackTrack, yang merupakan distribusi Linux  forensik digital sebelumnya, dimana merupakan turunan dari linux Knoppix. Pengembang inti yang ketiga : Raphaël Hertzog bergabung dengan mereka sebagai ahli Debian. Kali Linux dibuat berdasarkan sistem pengujian pada linux Debian. Kebanyakan penggunaan paket Kali diimpor dari repositori Debian. 

Kali Linux dikembangkan menggunakan lingkungan yang aman dengan hanya melibatkan sejumlah kecil orang yang terpercaya yang diizinkan untuk melakukan penambahan paket, dengan masing-masing paket yang ditandatangani oleh pengembang. Kali juga memiliki kernel custom-built yang ditambal (patch) untuk injeksi. Patch perlu ditambahkan karena tim pengembangan menemukan banyak hal yang perlu diujikan untuk menilai keamanan jaringan nirkabel.

Kali Linux dapat diunduh secara gratis melalui alamat :

https://www.kali.org/downloads/

Mengingat ukuran filenya yang agak besar sekitar 3 GB, dianjurkan untuk mengunduh menggunakan versi torrent (Anda harus memasang utiliti untuk torrent (uTorrent atau Bit Torrent). Dengan menggunakan jaringan torrent, file dapat diunduh secara bertahap tanpa harus mengulang dari awal (resume).
Berikut langkah instalasi kali Linux menggunakan VMWare :
1.  Jalankan WMware Player, pilih menu Create a New Virtual Machine, pada opsi installer disc image file arahkan ke tempat file iso kali linux berada, kemudian klik Next untuk melanjutkan


 2.Pada kotak dialog New virtual Machine Wizard, pilih opsi Linux pada Guest operating system serta Debian 6 pada opsi version , kemudian klik Next untuk melanjutkan

3. Isikan nama Virtual Machine dengan Kali Linux, klik Next


4. Pada Specify Disk Capacity, biarkan secara default, klik Next untuk melanjutkan

5.  Tekan tombol Finish


6.  Tekan Tombol Play Virtual Machine untuk memulai instalasi


7. Pilih Graphical Install (gunakan tombol panah pada keyboard), tekan enter untk melanjutkan

8. Pilih bahasa : English, tekan tombol Continue

9. Pada opsi Hostname isikan nama komputer misalnya Kali  tekan tombol Continue

10. Pada domain name isiksan dengan nama localhost,  tekan tombol Continue

11. Pilih opsi Partition Disk,  tekan tombol Continue