Tutorial Membuat Website (Bagian 2) - Cara Memilih Hosting yang Baik

Jumat, 19 Agustus 2016 07:34:30 ,Oleh ,Dilihat : 2.487 x

 Diasuh oleh :  Dr. Ir. Agus Wibowo, M.Kom, M.Si, M.M    

Terdapat beberapa jenis tipe layanan dari web hosting untuk tempat penyimpanan file. Sebelum memilih layanan web hosting, harus dipertimbangkan beberapa faktor seperti kebutuhan yang diperlukan, anggaran serta tipe dari web hosting. Tipe dari hosting yang tersedia antara lain free hosting, shared hosting, dedicated hosting serta collocated hosting.

1. Free Hosting

Merupakan layanan hosting dengan biaya gratis, ditujukan untuk pemula yang baru belajar tentang web atau untuk tujuan hobi atau kesenangan. Situs ini dapat digunakan dengan kompensasi tampilan iklan dari sponsor atau merupakan bonus dari pembelian sebuah nama domain dengan bonus hosting gratis. Karena sifatnya gratis ada kemungkinan memiliki kinerja lambat atau sulit diakses. Tidak disarankan digunakan untuk situs profesional (toko online, sekolah, forum dan lainnya).

2. Shared Hosting

Adalah layanan hosting di mana file dari pemilik situs yang berbeda diletakkan bersama pada sebuah server dengan berbeda letak folder atau direktori. Layanan ini yang paling umum dipakai oleh banyak pemilik situs di internet. Biaya sewa dari shared hosting sangat terjangkau karena disewa bersama. Karena dipakai bersama memiliki kecepatan akses seadanya atau standar serta cenderung melambat ketika memasuki jam sibuk. Tipe hosting ini dapat digunakan untuk situs dengan beban kecil seperti situs pribadi, sekolah, too online tahap awal atau company profile

3. Dedicated Hosting 

Adalah layanan hosting di mana file dari pemilik situs diletakan pada satu server tersendiri terpisah dari pemilik situs lainnya. Biaya sewa dari layanan ini mahal dengan konsekuensi memiliki kecepatan akses maksimal. Digunakan dengan tujuan layanan yang memiliki beban kinerja tinggi serta faktor tingkat keamanan data. Contoh penggunaan tipe hosting ini adalah untuk perusahaan, kampus dengan beban akses tinggi, toko online dengan trafik pengunjung yang  tinggi

4. Collocated Hosting

Adalah layanan di mana anda membeli server tersendiri yang diletakkan pada jaringan internet. Kelebihan dari hosting ini adalah dapat memasang sendiri jenis sistem operasi serta aplikasi atau modul web server yang akan digunakan. Penyewa bertanggung jawab sendiri atas kinerja serta keamanan data dari server ini. Layanan ini merupakan tingkatan tertinggi dari web hosting. Contoh dari pengguna dari layanan ini adalah usaha jasa layanan webhosting serta situs toko online besar seperti Tokopedia, Bukalapak, Amazon.

Fitur dari Hosting Plan :

Layanan hosting  yang ditawarkan memiliki sejumlah fitur atau fasilitas dengan batasan berdasarkan besarnya harga sewa tertentu. Berikut fitur yang umum ditawarkan oleh pihak penyedia layanan web hosting :

a) Disk space, berisi batas ukuran maksimal ruang penyimpanan file bagi aplikasi web, email, database, statistik pengunjung, konfigurasi sistem, log error dari server, cache halaman web dan lainnya. Jumlah kapasitas penyimpanan yang ditawarkan mulai dari 10 MB sampai unlimited.

b) Email Account, merupakan fasilitas hosting email yang tersedia pada server hosting untuk layanan email dengan domain pribadi. Terdapat 3 jenis tipe email :

  • POP 3 account, merupakan email yang umum dipakai atau email biasa. Layanan POP 3 meliputi penerimaan, pengiriman, penyimpanan email ataupun fasilitas untuk mendownload email melalui Microsoft Outlook Express (membaca email secara offline).
  • Forwarding email account, merupakan fasilitas untuk mengalihkan semua email dari satu alamat menuju alamat yang lain. Contoh, kita memiliki 2 buah alamat email, alamat email yang pertama adalah asep@kuliah-gratis.com sedangkan alamat email yang kedua adalah info@kuliah-gratis.com sebagai email utama. Agar tidak perlu login 2 kali untuk mengakses 2 buat alamat yang berbeda. Alamat email asep dapat diteruskan ke alamat info. Jadi untuk membaca email dengan akun asep cukup login ke alamat email info@kuliah-gratis.com.
  • Alias email account merupakan beberapa alamat email yang berbeda tetapi menggunakan satu kotak surat dari akun email utama. Contoh alamat email yang utama adalah info@kuliah-gratis.com, sedangkan alamat aliasnya adalah webmaster@kuliah-gratis.com, administrator@kuliah-gratis.com serta sales@kuliah-gratis.com. Jika datang email menuju ketiga alamat di atas, maka akan masuk ke kotak surat utama yaitu info@kuliah-gratis.com karena email alias tidak memiliki kotak surat tersendiri. Hal ini berbeda dengan forwading email account di mana memiliki kotak surat masing-masing. Jumlah email account yang ditawarkan mulai dari 1 akun alamat email sampai unlimited (jumlah akun tidak terbatas).

c) Auto Responders, merupakan fasilitas untuk membalas email yang datang secara otomatis menggunakan isi pesan balasan yang sudah dituliskan sebelumnya. Fasilitas ini digunakan jika pemilik email sedang berlibur atau berada di suatu tempat dalam jangka waktu tertentu di mana tidak ada akses internet untuk membalas email.

d) Akses FTP, merupakan fasilitas dari hosting untuk memindahkan file milik anda menuju penyimpanan pada server. File yang dipindahkan dapat berupa format halaman web seperti HTML, CSS, PHP, JSP atau format gambar, lagu serta video.

e) Bandwith, merupakan jumlah kuota ukuran perpindahan file yang dihitung kumulatif selama sebulan dalam satuan MB atau GB. Makin besar jumlahnya semakin baik. Jika kuota bandwith ini habis maka situs tidak bisa diakses hingga menunggu bulan depan.

f) Lokasi Server, merupakan tempat di mana server hosting diletakkan, pilihan yang tersedia :

  • Indonesia, ditujukan untuk layanan akses pengguna dari lokasi Indonesia, keuntungannya lebih cepat diakses karena akses routingnya lebih pendek. Sesuai untuk sekolah, UKM lokal, situs berita lokal
  • Singapura, ditujukan untuk layanan akses pengguna dari lokasi Indonesia dan luar negeri, keuntungannya lebih cepat diakses dibanding server Amerika karena akses routingnya lebih pendek. Sesuai untuk target pengunjung dari luar Indonesia seperti perusahaan, LSM atau kampus tingkat internasional.Sesuai untuk target pengunjung dari luar Indonesia seperti perusahaan, LSM atau kampus tingkat internasional
  • Amerika, ditujukan untuk layanan akses pengguna dari lokasi di luar Indonesia (luar negeri), keuntungannya lebih cepat diakses oleh pengguna luar negeri dibanding server Indonesia karena fasilitas jaringan internetnya lebih maju.

g) Addon Domain, merupakan fitur di mana sebuah hosting dapat dipakai lebih dari satu alamat domain dengan letak folder atau direktori yang terpisah. Jumlah yang ditawarkan mulai 0 (tidak bisa) sampai unlimited (jumlah tidak terbatas).

h) Parked Domain, merupakan fitur di mana sebuah hosting dapat dipakai lebih dari satu alamat domain dengan letak folder atau direktori yang sama (tampilan halaman webnya sama akibat penggunaan direktori yang sama). Jumlah yang ditawarkan mulai 0 (tidak bisa) sampai unlimited (jumlah tidak terbatas).

i) Sub Domain, merupakan sub alamat tambahan dari domain utama. Sebagai contoh domain utamanya adalah kuliah-gratis.com, maka dapat dibuat sub domainnya misalnya opencart.kuliah-gratis.com, forum.kuliah-gratis.com, download.kuliah-gratis.com, dosen.kuliah-gratis.com serta lainnya.

j) Softaculous atau Fantastico, merupakan fitur di mana kita dapat memasang Content Management System seperti Joomla, Wordpress, Drupal, Opencart, Prestashop, v-Buletin dan lainnya secara mudah dan otomatis menggunakan script secara online tanpa harus mengunggah file, membuat database serta user dalam proses instalasinya, sehingga sangat memudahkan bagi pemula serta webmaster dalam membangun sebuah website.

k) Antivirus, merupakan fitur di mana sebuah hosting memiliki fasilitas antivirus khusus untuk dokumen web sehingga file yang dihosting terbebas dari malware atau virus web yang berbahaya. Antivirus ini penting jika kita memiliki hosting dari tipe shared hosting.

Materi berikutnya :

3. Cara Membuat Domain dan Sewa Hosting

Materi sebelumya :

1. Pengantar Domain dan Hosting

TOP