Tutorial Linux (Bagian 8) - Instalasi Driver Modem di Linux Ubuntu

Sabtu, 28 Januari 2017 18:44:48 ,Oleh ,Dilihat : 844 x

Diasuh oleh Dr. Ir. Agus Wibowo, M.Kom, M.Si, M.M

Linux Ubuntu versi desktop menyediakan banyak koneksi ke jaringan internet melalui koneksi kabel (ethernet), Wireless serta dial-up melalui modem USB. Walaupun linux Ubuntu mendukung banyak driver, ada kalanya driver modem anda tidak didukung saat instalasi awal. Untuk itu perlu dilakukan instalasi driver modem secara manual menggunakan perintah pada terminal. Untuk mengetahui seri modem yang digunakan, masukkan modem USB ke dalam Linux desktop Ubuntu, kemudian tunggu sampai 1 menit. Buka terminal dengan menekan tombol CTRL ALT dan T secara bersamaan, kemudian ketikkan perintah 

lsusb 

Pada contoh terlihat bahwa seri modem yang digunakan adalah Huawei  E3131. Cari driver modem ini menggunakan Google melalui sistem operasi windows jika linux anda belum bisa terkoneksi ke internet melalui modem, kemudian salin ke flashdisk dan boot ulang ke linux, setelah masuk linux kemudian salin ke directory Documents. Jika komputer linux anda dapat terkoneksi ke jaringan Wifi, maka dapat diunduh langsung melalui browser Mozilla Firefox. Langkah instalasi driver modem :

1. Kunjungi situs google.com, kemudian ketikkan dengan kata kunci : Huawei  E3131 linux driver (keterangan 1)

akan muncul tautan untuk driver linux (keterangan 2).

2. Klik tautan yang ada, sebagai contoh pada modem Huawei menggunakan alamat :

http://huaweifirmwares.com/download/huawei-linxu-driver-download/

Kemudian klik tombol Download pada bagian kanan atas (awas banyak jebakan tautan dari iklan Google ads).

3. Klik tautan Download File

4. Ekstrak File  HUAWEI Data Cards Linux Driver.zip ( (keterangan 2, klik kanan kemudian pilih exctract here) menggunakan Winrar di Windows atau Utility di Linux sehingga terbentuk folder HUAWEI Data Cards Linux Driver (keterangan 2)


5. Masuk ke dalam folder HUAWEI Data Cards Linux Driver, Klik kanan file Linux Driver 4.19.19.00.tar.gz , kemudian pilih opsi  exctract here menggunakan winrar atau utility di linux (keterangan 1). Jika berhasil terbentuk folder driver (keterangan 2)

 

6. Salin folder driver ke Desktop dari Linux Ubuntu (Jika dari windows salin folder driver ke flashdisk, booting ulang ke linux desktop, kemudian salin ke Desktop Ubuntu