Cara Membuat Toko Online (Bagian 16) - Mengatur Footer

Minggu, 16 April 2017 12:47:42 ,Oleh ,Dilihat : 923 x

Diasuh oleh Dr. Ir. Agus Wibowo, M.Kom, M.Si, M.M 

Footer terletak di bagian bawah setiap halaman sebuah situs, bukan hanya terletak pada halaman depan atau home page saja, tetapi juga terdapat pada halaman yang lainnya. Blok ini berisi aneka tautan yang  berguna dalam memilah halaman yang relevan bagi pelanggan yang mungkin tidak ditempatkan pada  bagian yang lain.

Skema organisasi footer dapat dibagi menjadi bagian berikut:

Informasi yang terdiri dari :


1. About Us (Tentang Kami), berisi tentang deskripsi umum dari toko mengenai profil, layanan serta produk yang ditawarkan. 

2. Delivery Information (Informasi Pengiriman), berisi informasi tentang umum mengenai kebijakan pengiriman pesanan kepada pelanggan.


3. Privacy Policy (Kebijakan Privasi), berisi tentang kebijakan kerahasiaan penggunaan data pelanggan hanya untuk keperluan situs toko online serta anjuran kepada pelanggan untuk menyimpan kerahasiaan password dari pihak lainnya agar tidak disalahgunakan.

4. Terms and Conditions (Syarat dan Ketentuan), berisi persetujuan dari pengunjung untuk tunduk pada peraturan yang ditetapkan oleh sebuah toko online.

Cara mengatur isi dari Footer di bagian Informasi :

1. Dari dasbor admin pilih menu Katalog --> Informasi. Kemudian pilih bagian yang ingin diubah misalnya bagian About Us dengan menekan tombol Edit.


2. Pada bagian Edit Informasi, pilih tab General, kemudian atur untuk opsi dari :

  • Judul Informasi untuk bahasa Indonesia, misalnya About Us (atau biasa diganti contohnya :Tentang Kami).
  • Keterangan, isikan tentang penjelasan dari About Us (Tentang Kami)
  • Ulang untuk Informasi dalam bahasa Inggris.


3. Tekan tombol Simpan.

4. Ulang untuk bagian Delivery Information (Informasi Pengiriman), Privacy Policy (Kebijakan Privasi), serta Term and Condition (Syarat dan Ketentuan).


Pelayanan Pelanggan, yang terdiri dari: 


1. Hubungi Kami, berisi informasi tentang nama toko, alamat, nomer telepon, jam buka, keterangan serta formulir kontak.


2. Pengembalian Produk, merupakan formulir isian yang disediakan bagi konsumen untuk mengembalikan produk disebabkan oleh sesuatu dan lain hal yang terdiri dari info pembelian serta Informasi Produk dan alasan pengembalian. Formulir ini secar otomatis telah disediakan oleh sistem Opencart

3. Peta Situs, berisi ringkasan navigasi tautan yang tersedia pada toko online yang berfungsi memudahkan pengguna toko online untuk mengetahui menu keseluruhan yang terdapat pada toko online. Peta situs ini sudah otomatis terbentuk oleh sistem OpenCart.

TOP